Pemindahan Baasyir, Kemenkumham Jateng Tunggu Instruksi Pusat

METROSEMARANG.COM – Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (Kemenkumham) Jawa Tengah menunggu instruksi pemerintah pusat berkaitan dengan pemindahan penahanan pimpinan Jamaah Ansorut Tauhid, Abu Bakar Baasyir ke salah satu lapas di Solo.

Abu Bakar Baasyir
Foto: dok

“Kita masih tunggu petunjuk Pak Menkopolhukam, mau ditempatkan dimana Baasyir nanti saat di Solo,” kata Kepala Divisi Pemasyarakatan (Kadivpas) Kemenkumham Jawa Tengah, Djoni Priyatno, kepada¬†metrosemarang.com, Kamis (8/3).

Ia menjelaskan pihaknya sudah menyiapkan sejumlah personel untuk memperketat pengamanan jika Baasyir menghuni lapas di Solo.

Jumlah petugas yang ditambah, kata Djoni termasuk pada sipir di blok yang akan dihuni Baasyir.

“Semua persiapan sudah kita lakukan. Tinggal nunggu waktunya saja. Yang pasti kita siap menjalankan instruksi pemindahan penahanan (Abu Bakar Baasyir) itu,” ungkapnya.

Secara terpisah, Menkopolhukam, Jenderal (Purn) Wiranto saat dikonfirmasi di Crown Hotel, Jalan Pemuda Semarang, mengaku masih merahasiakan lokasi lapas yang akan dihuni Baasyir.

Ia meminta publik bersabar karena tahapan pemindahan Pimpinan Ponpes Al Mukmin, Ngruki Sukoharjo tersebut, sedang diproses oleh pihaknya. “Sabar dulu tunggu pelaksanaannya,” tuturnya.

Ia juga mengimbau masyarakat tidak berspekulasi apakah nantinya status Baasyir akan diubah menjadi tahanan rumah atau tetap menghuni sel tahanan lapas. “Pokoknya tunggu nanti,” ujar Djoni. (far)

You might also like

Comments are closed.