Pemkot dan Polrestabes Luncurkan Call Center Siaga Hebat

METROSEMARANG.COM – Pemerintah Kota Semarang bersama Polrestabes Semarang meluncurkan Call Center Siaga Hebat. Yaitu media pelaporan bagi masyarakat Kota Semarang terkait dengan gangguan keamanan, kemacetan, lalu lintas dan bencana alam.

Wali Kota Semarang Hendrar Prihadi melakukan tes call ke nomer Call Center Siaga Hebat dengan nomor telepon 15000-92 melalui smartphone, Kamis (21/12).

Bahkan, termasuk jika mendapati adanya oknum petugas pemerintahan dan kepolisian yang ‘nakal’ seperti melakukan pungli. Peluncuran call center dengan nomor telepon 15000-92 itu dilakukan saat pelaksanaan Apel Operasi Lilin Candi di Balaikota Semarang, Kamis (21/12).

Saat peluncuran Wali Kota Semarang Hendrar Prihadi secara langsung melakukan tes call ke nomer tersebut melalui smartphone. Tak berapa lama seorang operator merespon. Dia menjelaskan sudah ada warga yang melaporkan terkait kemacetan di Jalan Pandanaran.

‘’Sosialisasi melalui media sosial sebelum launching ternyata efisien dan sudah ada yang memanfaatkannya,’’ ujarnya.

Wali Kota yang biasa disapa Hendi mengatakan, Siaga 92 atau Siaga Hebat itu aktif selama 24 jam dan diawasi oleh 4 operator setiap harinya. Operator yang bertugas dari kepolisian dan akan diteruskan ke satuan atau instansi terkait di Pemkot Semarang sesuai jenis laporan.

‘’Ini bisa lapor segala hal (apa saja) dan selama 1 x 24 jam. Ada 4 operator yang stand by, nanti mereka akan meneruskan ke pihak terkait. Jadi ini bisa menjadi alternatif pelaporan selain Lapor Hendi’’, tegasnya.

Sementara itu Kabag Ops Polrestabes Semarang, AKBP Iga DP Nugraha, mengatakan masyarakat bisa memanfaatkan call center untuk melaporkan situasi di sekitarnya agar cepat mendapatkan penanganan, termasuk jika ada oknum anggota yang melanggar aturan.

’’Semua terkait Kamtibmas, kemacetan, mungkin kebakaran, termasuk kalau ada oknum Polri yang diketahui melanggar ketentuan. Boleh dilaporkan, enggak ada masalah,” tandasnya.

Call center tersebut memang sengaja diluncurkan jelang Natal dan Tahun Baru untuk kesiapan. Namun Iga menegaskan Siaga 92 tidak hanya berfungsi hingga tahun baru tapi untuk seterusnya. (duh)