Home > METRO BERITA > Pemkot Didesak Segera Beri Kejelasan Nasib Pedagang Kreatif Barito

Pemkot Didesak Segera Beri Kejelasan Nasib Pedagang Kreatif Barito

METROSEMARANG.COM – DPRD Kota Semarang menyoroti sikap Pemkot setempat yang tidak jelas terhadap nasib sekitar 450 pedagang kreatif Barito ‘Karya Mandiri’. Pemkot didesak segera memberi kepastian apakah mereka terdampak normalisasi Sungai Banjir Kanal Timur (BKT) atau tidak.

Ari Purbono
Foto: metrosemarang.com/dok

Para pedagang sudah merasa khawatir mereka akan direlokasi ke Pasar Klitikan Penggaron. Padahal mereka menolak jika direlokasi karena menilai kiosnya dari blok A-H tidak berada pada lahan yang akan digunakan normalisasi. Keberadaan kiosnya di bawah tanggul dan bukan di atasnya. Selain itu mereka memiliki izin resmi mendirikan bangunan di tempat tersebut.

‘’Pemkot harus lebih transparan. Dalam RPJMD Kota Semarang memiliki visi kota perdagangan dan jasa. Jika pedagang direlokasi itu sama artinya bertentangan dengan visi itu, karena itu pemkot harus segera memberi kejelasan nasib pedagang kreatif Barito,’’ kata Anggota Komisi B DPRD Kota Semarang, Ari Purbono, Minggu (28/5).

Legislator dari Partai Keadilan Sejahtera ini mengatakan, polemik pedagang kreatif Barito menjadi pekerjaan rumah (PR) yang besar bagi Pemkot. Keberadaan mereka sudah eksis lama dan menjadi ikon Kota Semarang dan bahkan Jawa Tengah, sehingga jangan sampai usaha mereka mati atau gulung tikar.

‘’Pertumbuhan mall dan toko moderen berkembang pesat, masak pedagang kreatif Barito yang sudah eksis lama malah seperti dianaktirikan. Ini PR besar Pemkot,’’ sentilnya. (duh)