Home > METRO BERITA > Pemkot Didesak Segera Selesaikan Normalisasi Kali Beringin

Pemkot Didesak Segera Selesaikan Normalisasi Kali Beringin

Normalisasi Kali Beringin mendesak segera dilakukan. Foto Metrosemarang
Normalisasi Kali Beringin mendesak segera dilakukan. Foto Metrosemarang

SEMARANG – Pemkot Semarang didesak segera menyelesaikan proses pembebasan lahan untuk normalisasi Kali Beringin. Sebab proyek normalisasi tersebut sudah sangat lama direncanakan.  

Anggota Komisi C DPRD Kota Semarang Wachid Nurmiyanto menyatakan, pemerintah pusat maupun provinsi sudah siap melakukan pengerjaan fisik normalisasi. Namun selama ini terkendala pembebasan lahan yang itu menjadi tugas Pemkot Semarang.

‘’Tahun 2012 lalu kita sudah konsultasi ke Direktorat PU. Dan pusat menyatakan setuju melakukan pembangunan fisik. Hanya saja, karena wilayah pengerjaannya ada di pemkot, maka harus ada penyerahan pengelolaan ke provinsi,’’ katanya Jumat (19/9/2014).

Menurut Ketua Fraksi PAN ini, setelah pembebasan, pemkot harus membuat surat ke provinsi agar pengelolaannya dikelola provinsi  melalui BBWS. ‘’Dari situ BBWS menyampaikan ke Kemen PU terkait pembangunan fisiknya,’’ imbuhnya.

Seperti diketahui, lebar saluran Kali Beringin saat ini jauh dari ideal. Jika hujan deras, Kali Beringin tidak mampu menampung debet air yang begitu tinggi. Beberapa titik tanggul menjadi pintu luapan, karena posisinya sangat rendah. Meluapkan debet air ke perkampungan warga juga didukung pendangkalan dan banyaknya sampah yang memenuhi saluran. 

Rencananya normalisasi akan dimulai dari hilir atau muara, yakni Kelurahan Mangunharjo dan Mangkang Wetan. Muara sungai hingga rel KA akan dilebarkan menjadi  40 meter, rel KA hingga jembatan atau Jalan Raya Mangkang 35 meter dan jembatan hingga hulu sungai dilebarkan menjadi 17 meter. (MS-13)