Home > METRO BERITA > Pemkot Diminta Berani Melelang Semua Jabatan dalam SOPD Baru

Pemkot Diminta Berani Melelang Semua Jabatan dalam SOPD Baru

METROSEMARANG.COM – Rencana lelang jabatan oleh Pemerintah Kota Semarang mendapatkan dukungan dari Dewan Perwakilan Rakyat daerah (DPRD) setempat. Namun lelang jabatan diminta tidak hanya untuk mengisi jabatan eselon dua tapi untuk semua posisi.

Ketua DPRD Kota Semarang Supriyadi. Foto: metrosemarang.com/dok

Ketua DPRD Kota Semarang Supriyadi menilai lelang dalam pengisian jabatan merupakan tradisi yang bagus. Sebab tentu akan ada fit and proper test dan seleksi yang ketat. Kemampuan dan keahlian orang yang akan mengisi jabatan bisa diuji dan diketahui dari awal.

‘’Tentunya untuk menjadi seorang pejabat harus memiliki inovasi dan kreasi program-program supaya visi-misi wali kota dan wakil wali kota bisa tercapai. Tidak boleh ada pejabat yang programnya hanya copy paste dari program tahun sebelumnya,’’ kata Supriyadi.

Namun karena pentingnya sistem lelang tersebut, dia menilai seharusnya lelang tidak hanya dilakukan untuk mengisi jabatan eselon dua. Pemkot Semarang seharusnya dapat melakukan lelang untuk semua posisi jabatan dalam Susunan Organisasi Perangkat Daerah (SOPD) yang baru. Itu akan lebih bagus dan lebih menjamin untuk mendapatkan pejabat yang benar-benar handal di posisinya.

‘’Lebih  baik semuanya dilelang, walaupun pada akhirnya kewenangan penempatan pejabat berada pada Wali Kota Semarang,’’ kata Supriadi.

Seperti diketahui, dalam SOPD baru yang akan dilantik Januari 2017 nanti Pemkot Semarang akan menggelar lelang. Pemkot akan melaksanakan lelang untuk mengisi jabatan yang kosong dalam SOPD baru tersebut. Namun hanya untuk mengisi jabatan eselon dua. (duh)