Home > METRO BERITA > Pemkot Ingin Bangun 8 Twin Blok Rusunawa

Pemkot Ingin Bangun 8 Twin Blok Rusunawa

METROSEMARANG.COM – Pemerintah Kota (Pemkot) Semarang telah mengajukan permohonan bantuan pembangunan rumah susun sederhana sewa (rusunawa) sebanyak 8 twin blok kepada Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (Kemen PUPR). Diharapkan pembangunan itu bisa segera dilakukan di 2017.

M Irwansyah Foto: metrosemarang.com/masrukhin abduh
M Irwansyah
Foto: metrosemarang.com/masrukhin abduh

‘’Kami optimis Kemen PUPR dapat membangun rusunawa 8 twin blok karena anggaran untuk pembangunan perumahan di pemerintah pusat cukup besar,’’ kata Sekretaris Dinas Tata Kota dan Perumahan (DTKP) Kota Semarang, M Irwansyah, Minggu (27/11).

Dia menjelaskan, kebutuhan pembangunan rusunawa itu untuk  antisipasi dilakukannya kegiatan normalisasi Sungai Banjir Kanal Timur (BKT), di mana di sepanjang bantaran sungai itu banyak sekali permukiman warga yang akan direlokasi.

Nantinya satu twin blok akan terdapat 182 unit rusunawa. Sementara kebutuhan rusunawa untuk menampung seluruh warga yang terdampak jika normalisasi BKT dilaksanakan sekitar 4 sampai 5 twin blok.

‘’Ketika pemerintah pusat melakukan pekerjaan fisik normalisasi Sungai BKT maka rusunawa itu dapat menjadi alternatif untuk tempat tinggal (warga yang terelokasi,red),’’ katanya.

Pemkot Semarang sendiri saat ini sudah menyiapkan lahan untuk dibangun rusunawa tersebut. Ada 8 lahan yakni di Tugu, Genuk tepatnya di bekas kantor kecamatan, Kudu, dan Rowosari yang masing-masing cukup untuk dibangun 2 twin blok. (duh)

Tinggalkan Balasan