Home > METRO BERITA > Pemkot akan Kembalikan Alih Fungsi Taman untuk Tambah RTH

Pemkot akan Kembalikan Alih Fungsi Taman untuk Tambah RTH

METROSEMARANG.COM – Ruang Terbuka Hijau (RTH) yang kini baru 12 persen dari luas wilayah Kota Semarang terus ditambah oleh pemerintah setempat agar menjadi 20 persen. Salah satunya dengan mengaktifkan lagi taman-taman sebagai tempat publik.

Taman Kartini, salah satu lokasi yang berhasil dikembalikan fungsinya seperti semula. Foto: metrosemarang.com/dok
Taman Kartini, salah satu lokasi yang berhasil dikembalikan fungsinya seperti semula. Foto: metrosemarang.com/dok

Banyak taman di kota ini beralih fungsi menjadi tempat Pedagang Kaki Lima (PKL). Sehingga manfaat untuk tempat aktifitas publik menjadi hilang. Dinas Kebersihan dan Pertamanan (DKP) Kota Semarang berusaha mengembalikan fungsi tersebut.

Kabid Pertamanan Dinas Kebersihan dan Pertamanan (DKP) Kota Semarang, Budi Prakosa mengatakan, prioritas taman yang akan dikembalikan fungsinya yaitu Pasar Progo di Semarang Timur. Hampir 10 tahun tidak aktif dan ditempati PKL.

‘’Kita akan secara bertahap menghidupkan lagi taman yang tidak aktif sebagai tempat publik. Setelah Taman Progo selanjutnya nanti Taman Erlangga yang sekarang juga masih ditempati PKL,’’ katanya, Minggu (13/11).

Fungsi Taman Progo dan Erlangga akan dikembalikan sebagai RTH. Seperti Taman Kartini yang juga berhasil dikembalikan ke fungsi semula. Dulunya Taman Kartini juga dipenuhi PKL, penjual burung, dan pakan ternak.

PKL di Taman Progo nanti akan direlokasi. Sebab jika ada keberadaan PKL di taman pemerintah tidak bisa melakukan pemeliharaan taman dan pemberian fasilitas bermain anak.

‘’Kami akan koordinasi dengan Dinas Pasar dan Satpol PP Kota Semarang untuk relokasi PKL ini,’’ tegasnya (duh)