Home > METRO BERITA > Pemkot Mulai Susun Perwal Pembentukan Perusahaan Induk

Pemkot Mulai Susun Perwal Pembentukan Perusahaan Induk

METROSEMARANG.COM – Pemerintah Kota (Pemkot) Semarang sedang menyusun Peraturan Wali Kota (Perwal) terkait pembentukan holding company (perusahaan induk) PT Bhumi Pandanaran Sejahtera. Sejumlah perusahaan daerah (perusda) yang sudah ada akan menjadi unit usaha.

Hevearita Gunaryanti Rahayu Foto: metrosemarang.com/dok
Hevearita Gunaryanti Rahayu
Foto: metrosemarang.com/dok

Wakil Wali Kota Semarang Hevearita Gunaryanti Rahayu mengatakan, Bhumi Pandanaran Sejahtera diharapkan mulai berjalan tahun 2017. Pembentukan perusahaan induk ini diharapkan dapat memaksimalkan aset-aset daerah dan Pendapatan Ali Daerah (PAD).

‘’Pembentukan holding company masih dalam proses Perwal. Kita akan menyiapkan pembentukan direksi dengan persyaratan yang sudah diatur dalam perda (peraturan daerah). Salah syarat utama menjadi direksi yaitu harus menguasai Bahasa Inggris,’’ kata wakil wali kota yang akrab disapa Ita, Minggu (6/11).

Ketua Panitia Khusus (Pansus) Pembentukan Holding Company DPRD Kota Semarang Dr Anang Budi Utomo mengatakan, perusda Kota Semarang yang sudah berdiri sebelumnya dapat menjadi anak perusahaan induk ini. Untuk sementara baru tiga perusda.

‘’Yakni Perusahaan Daerah Percetakan Kota Semarang, Perusahaan Daerah Rumah Pemotongan Hewan dan Budidaya Hewan Potong Kota Semarang dan Perusahaan Umum Daerah Taman Margasatwa,’’ jelasnya.

Mengenai permodalan, Pansus menetapkan modal dasar perusahaan induk ditetapkan sebesar Rp 200 miliar. (duh)