Home > METRO BERITA > Pemkot Segera Bangun Pasar Seni

Pemkot Segera Bangun Pasar Seni

METROSEMARANG.COM – Badan Perencanaan Pembangunan (Bappeda) Kota Semarang berencana membangun pasar seni. Hal ini menjawab keinginan pegiat seni dan pecinta barang antik di Kota Semarang agar Pemerintah Kota (Pemkot) Semarang segera membangunkan pasar seni.

Pengunjung mengamati koleksi barang-barang antik di Kota Lama. Foto: metrosemarang.com/dok
Pengunjung mengamati koleksi barang-barang antik di Kota Lama. Foto: metrosemarang.com/dok

Selama ini mereka merasa tidak diakomodir pemerintah sehingga berjualan di sejumlah lokasi di Kota Semarang. Seperti di kawasan Kota Lama, Pedurungan, Tlogosari dan Kokrosono Semarang Barat. Mereka hanya menempati trotoar-trotoar jalan dan tempat seadanya.

Kepala Bappeda  Kota Semarang Bambang Haryono mengatakan, pembangunan pasar seni ini telah disiapkan lahan bekas Pasar Srondol di Jalan Potrosari II Kelurahan Srondol Kulon Kecamatan Banyumanik. Lokasi ini cukup strategis karena dekat pintu tol Srondol-Banyumanik.

Pembangunan pasar seni ini sebagai upaya pemkot untuk mengembangkan Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM). ‘’Pembangunan pasar seni ini merupakan upaya pemkot dalam mengembangkan UMKM. Rencananya pembangunan pasar seni akan dilaksanakan pada tahun 2017 mendatang,’’ katanya, Minggu (6/11).

Pemkot akan mencontoh daerah lain dalam pembangunan pasar seni. Misalkan Bali yang hampir di setiap kabupaten/kota ada pasar seninya. Atau Kabupaten Pati, Jawa Tengah, yang juga punya Pasar Pragol, itu semuanya bisa menjadi contoh untuk membangun pasar UMKM.

‘’Rencana pembangunan pasar UMKM ini sesuai dengan RPJMD (Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah) yang telah disahkan bersama DPRD Kota Semarang,” katanya. (duh)