Home > METRO BERITA > Pemkot Semarang Akan Luncurkan Kartu Semarang Sehat

Pemkot Semarang Akan Luncurkan Kartu Semarang Sehat

Kepala Dinas Kesehatan Kota Semarang, Dr. Widoyono, saat menunjukkan contoh Kartu Semarang Sehat (12/11). Foto: Metro Semarang/Ilyas Aditya
Kepala Dinas Kesehatan Kota Semarang, Dr. Widoyono, saat menunjukkan contoh Kartu Semarang Sehat (12/11). Foto: Metro Semarang/Ilyas Aditya

SEMARANG – Sebagai bentuk komitmen untuk terus meningkatkan derajat kesehatan masyarakat kota Semarang, Pemerintah Kota Semarang melalui Ðinas Kesehatan, akan menerbitkan Kartu Semarang Sehat (KSS) pada 19 November 2014 mendatang.

Kartu tersebut ditujukan untuk  melayani warga miskin di Kota Semarang yang belum tersentuh layanan Jamkesmas dan BPJS.

Kepala Dinas Kesehatan Kota Semarang, Dr. Widoyono mengatakan, peluncuran KSS ini dimaksudkan agar seluruh masyarakat miskin di Semarang dapat menerima jaminan pelayanan kesehatan secara maksimal.

“Itu upaya Kota Semarang untuk membantu masyarakat miskin Kota Semarang. Juga untuk meng-cover masyarakat miskin yang belum mendapatkan kartu jaminan kesehatan,” tuturnya, Rabu (12/11).

Rencananya, Kartu Semarang Sehat akan diberikan kepada sebanyak 103.782 warga miskin di Semarang. Jumlah tersebut di luar kuota Jamkesmas dan BPJS yang diberikan pemerintah pusat untuk  270.096 jiwa.

“Saat ini jumlah penduduk kurang mampu di Kota Semarang ada 373.878 jiwa atau sekitar 21,49 persen dari keseluruhan penduduk Semarang. Jadi penerima KSS adalah yang belum memiliki Jamkesmas dan BPJS,” imbuhnya.

Dengan kartu yang menyerap dana APBD kota Semarang tahun 2014 dan 2015 senilai Rp. 70 miliar tersebut, warga miskin yang sakit dipastikan akan mendapatkan perawatan jalan dan berobat di Pukesmas dan seluruh jaringan rumah sakit kelas III hingga sembuh. “Untuk mekanismenya pembagiannya, masyarakat tidak perlu mendaftar, akan ada petugas yang mendata dan mendistribusikannya,” tandasnya. (Yas)