Home > METRO BERITA > Pemkot Semarang Belum Maksimal Entaskan Kemiskinan

Pemkot Semarang Belum Maksimal Entaskan Kemiskinan

METROSEMARANG.COM – Upaya pengentasan kemiskinan di Kota Semarang dinilai belum maksimal meski dana yang digelontorkan mencapai ratusan miliar rupiah per tahun. Dari target penurunan angka kemiskinan sebesar 10 persen dalam lima tahun hanya tercapai separuhnya.

Ilustrasi
Ilustrasi

”Tahun 2010 sampai 2015 pengentasan kemiskinan belum sesuai target. Dari target 10 persen baru tercapai sekitar 5 persen,” kata Wakil Ketua Komisi D DPRD Kota Semarang, Anang Budi Utomo, Selasa (22/11).

Menurut Anang BU, hal itu dikarenakan dari 26 Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) yang memiliki program pengentasan kemiskinan kurang koordinasi dan terinterasi, sehingga penanganannya tidak maksimal. Namun demikian DPRD terus mendorong pemerintah untuk menekan angka kemiskinan.

Saat ini DPRD sudah mengesahkan Peraturan Daerah (Perda) Kemiskinan supaya program pengentasan kemiskinan dapat terarah. Sebab anggaran untuk program pengentasan kemiskinan setiap tahunnya bisa mencapai ratusan miliar rupiah.

Anggaran yang cukup besar tersebut diharapkan mampu terserap dengan baik dan menghasilkan output yang maksimal pula. ”Dewan akan terus mendukung upaya pengentasan kemiskinan agar membawa manfaat bagi masyarakat,” tegasnya. (duh)

Tinggalkan Balasan