Beranda METRO BERITA Pemkot Semarang Siapkan Bus Sekolah Gratis Mulai 2018

Pemkot Semarang Siapkan Bus Sekolah Gratis Mulai 2018

BERBAGI

METROSEMARANG.COM – Pemkot Semarang sedang berupaya merealisasikan program sekolah gratis bagi siswa-siswi tingkat Sekolah Dasar (SD) dan Sekolah Menengah Pertama (SMP) Swasta. Rintisan program tersebut akan dimulai pada tahun 2018 dengan membebaskan biaya bagi siswa-siswi yang tidak mampu terlebih dahulu, termasuk menyediakan bus gratis.

Pemberian penghargaan insan pendidikan di Aula SMA Negeri 1 Semarang, Rabu (27/12). Foto: istimewa

Hal itu disampaikan Wali Kota Hendrar Prihadi saat memberikan penghargaan kepada insan pendidikan Kota Semarang di Aula SMA Negeri 1 Semarang, Rabu (27/12). Menurutnya, saat ini pemkot juga tengah berupaya untuk merealisasikan program bus sekolah gratis bagi pelajar yang berada di Kota Semarang. 

“Kerangka besarnya adalah menekan seminim mungkin biaya yang harus dikeluarkan para pelajar untuk menempuh pendidikan, sehingga jangan ada lagi alasan untuk anak-anak di Kota Semarang tidak bersekolah,” katanya.

Hendi menjelaskan, realisasi bus sekolah gratis di Kota Semarang ini sangat penting, mengingat jumlah pelajar yang menggunakan BRT Trans Semarang meningkat cukup siginifikan beberapa tahun terakhir. 

“Ada kenaikan hampir 5 kali lipat untuk penumpang BRT pelajar, dari yang semula di tahun 2012 hanya sejumlah 528.389 penumpang, di tahun 2017 ini meningkat menjadi 2.566.129 penumpang,” ungkap Hendi.

Terkait pemberian penghargaan insan pendidikan sendiri, setidaknya ada 375 siswa SD, 464 siswa SMP, 36 siswa SMA/SMK, 58 orang Pendidik dan Tenaga Pendidikan, serta 55 orang Pendidikan Non Formal dan Informal yang mendapatkan penghargaan langsung dari Wali Kota Hendi.

“Penghargaan ini diberikan bukan hanya untuk lebih memacu prestasi setiap individu yang mendapatkannya, tapi juga untuk memotivasi yang lainnya agar dapat terpacu mencetak prestasi serupa,” tegas Hendi. 

Sementara itu, Plt Kepala BLU UPTD Trans Semarang, Ade Bhakti Ariawan menjelaskan, saat ini Pemkot Semarang telah mengajukan permohonan pengadaan 20 unit bus sekolah kepada Kementerian Perhubungan yang diharapkan dapat terealisasi pada tahun 2018. 

“Dan sesuai arahan Pak Wali, nantinya Bus Sekolah tersebut akan kami rancang untuk dioperasikan guna melayani pelajar di Kota Semarang tanpa dipungut biaya sedikitpun,” tutur Ade. (duh)