Home > METRO BERITA > Pemkot akan Seragamkan Papan Reklame Pakai TV LED

Pemkot akan Seragamkan Papan Reklame Pakai TV LED

METROSEMARANG.COM – Bagi penyedia layanan reklame konvensional seperti baliho di Kota Semarang siap-siap bertransformasi. Pemerintah Kota (Pemkot) Semarang telah meminta agar segera beralih menggunakan papan iklan TV LED.

Papan reklame di Semarang akan diseragamkan menggunakan TV LED. Foto: metrosemarang.com/ade lukmono
Papan reklame di Semarang akan diseragamkan menggunakan TV LED. Foto: metrosemarang.com/ade lukmono

Hal itu diungkapkan oleh Wakil Wali Kota Semarang, Hevearita Gunaryati Rahayu, Kamis (17/11). Menurutnya, pemkot akan melakukan inventarisir keberadaan reklame. Selama ini diakui reklame menjadi salah satu sumber pendapatan asli daerah dari sektor pajak dan retribusi.

‘’Inventarisir juga akan bertujuan agar kami tahu kondisi fisik papan reklame yang ada dan potensi atau pemasaran iklim bisnis reklame saat ini,’’ katanya, Kamis (17/11).

Dikatakan wakil wali kota yang akrab disapa Ita ini, Wali Kota Semarang telah memberinya mandat agar supaya reklame di Semarang dapat diseragamkan. Tidak berbentuk baliho, seng, dan MMT tetapi menjadi berbentuk Papan Iklan TV LED khususnya di jalan-jalan protokol.

‘’Nantinya juga ada keseragaman pajak, sehingga dapat menarik pengusaha reklame mengembangkan bisnisnya di Kota Semarang,’’ imbuh Ita.

Komisi B DPRD Kota Semarang yang membidangi retribusi dan pajak, mendukung penataan reklame yang akan dilakukan Pemkot Semarang. Anggota Komisi B Danur Rispriyanto  mengatakan,  potensi retribusi reklame di Kota Semarang cukup besar. Target Pendapatan Asli Daerah (PAD) tahun ini mencapai Rp 6 miliar.

Diakui, saat ini DPRD dan Pemkot sedang mencari regulasi yang tepat untuk menaikkan potensi pendapatan tersebut. Bahkan saat ini telah dibentuk Panitia Khusus (Pansus) Reklame DPRD Kota Semarang.

‘’Pendapatan dari sisi pajak reklame di Kota Semarang saat ini cukup besar dibanding retribusinya,’’ kata legislator dari Fraksi Demokrat ini. (duh)