Home > METRO BERITA > Pemkot Siagakan Posko Kebersihan di Taman KB

Pemkot Siagakan Posko Kebersihan di Taman KB

image

SEMARANG – Taman Menteri Supeno Kota Semarang atau Taman KB saat lebaran nampak berbeda.  Di ujung timur Taman KB ini, nampak sebuah tenda yang bertuliskan “Posko Kebersihan Kota Semarang”.  Di sekitar posko itu nampak berjejer truk pengangkut sampah dan personelnya yang siap beroperasi.

Posko itu didirikan oleh Dinas Kebersihan dan Pertamanan (DKP) Kota Semarang. Posko ini sengaja didirikan untuk mengantisipasi banyaknya sampah yang biasa ada pada saat Lebaran. Kepala Bidang  Operasional DKP Kota Semarang, Fatar Simanjutak menjelaskan, posko ini beroparasi dari H-7 sampai H+7 lebaran. Waktu operasional setiap harinya selama 24 jam. “Kami mengerahkan 41 personel yang kami bagi menjadi empat shif untuk operasional posko ini,” katanya.

 Menurut Fatar, didirikannya posko ini untuk menjaga kebersihan di Kota Semarang pada musim lebaran. Sebab, seperti tahun-tahun sebelumnya volume sampah di dalam kota mengalami peningkatan, terutama di pusat-pusat kuliner, pasar tradisional, terminal, stasiun, dan pelabuhan. “Kawasan Simpanglima juga kami pantau terus agar jangan sampai ada sampah, karena ini merupakan wajah kota,” kata dia.

 Pada saat Lebaran, ditambahkan Fatar, kenaikkan volume sampah di dalam kota bisa mencapai 25%.  Oleh karena itu, lanjut Fatar, petugas yang menjaga pos kebersihan itu setiap hari selalu berkeliling kota untuk membersihkan sampah yang menumpuk. Para petugas juga siap merima panggilan warga kota ini, apabila memerlukan bantuan untuk membersihkan tumpukan sampah di lokasinya. “Kalau ada yang perlu bantuan, silahkan telefon kantor, nomornya 0246714283, nanti petugas kantor yang akan menghubungi petugas di posko. Kemudian petugas posko yang akan ke lapangan,” tuturnya. (*)