Home > METRO BERITA > Pemkot Tegaskan Komitmen Berantas Pungli di Semarang

Pemkot Tegaskan Komitmen Berantas Pungli di Semarang

METROSEMARANG.COM – Pemerintah Kota Semarang kembali menegaskan keseriusan memberantas tindak pungutan liar (pungli) melalui Inspektorat. Hal itu dibuktikan dengan terus melakukan sosialisasi dan pembinaan bersama tim gabungan Saber Pungli dari beberapa unsur.

Wali Kota Semarang sedang mengukuhkan tim satgas saber pungli di balai kota, Rabu (11/1). Foto: metrosemarang.com/dok

Pertama sosialisasi telah dilakukan dalam bentuk apel pada Selasa (7/2), di halaman Kantor Satpol PP Kota Semarang. Apel dipimpin oleh Wakasat Binmas Polrestabes Semarang, Kompol Maulud selaku Ketua Pokja Unit Pencegahan.

Di depan karyawan Satpol PP, Kompol Maulud mengimbau seluruh peserta apel agar melaksanakan tugas fungsi sebagai ASN (Aparatur Sipil Negara) sesuai aturan. Jangan merugikan diri sendiri dengan melakukan hal-hal yang bertentangan dengan aturan yang tertuang dalam Peraturan Presiden Nomer 87 Tahun 2016.

”Bahwa praktik pungli merusak sendi kehidupan masyarakat, berbangsa dan bernegara. Sehingga adanya tim Saber Pungli ini diharapkan bisa melakukan upaya pemberantasan pungli,” katanya.

Dalam melaksanakan tugasnya, kata dia, tim Saber Pungli memiliki fungsi intelegen, pencegahan, pindakan dan yustisi. Ia berharap kepada semua lini untuk memegang aturan dan berkomitmen untuk tidak melakukan tindakan pungli.

Dalam kesempatan tersebut, Aniceto Magno Da Silva dari Bidang Penegakan Perundang-Undangan Daerah Satpol PP Kota Semarang, meminta seluruh jajarannya untuk melaksanakan tupoksi sesuai dengan aturan dan menegakkan disiplin. “Larangan keras bagi kita untuk tindakan pungli,” tegasnya.

Sementara hari Rabu (8/2), sosialisasi kedua dilakukan di Polrestabes Semarang dengan peserta seluruh anggota Satlantas Polrestabes Semarang. Dalam apel ini dibacakan pula ikrar anti pungli. Di antaranya berbunyi siap menerima sanksi atau hukuman apabila terbukti melakukan pungli.

Rencananya, berikutnya Inspektorat Kota Semarang akan melaksanakan sosialisasi di sejumlah tempat lainnya. Yaitu di Dinas Kebakaran, Dinas Penanaman Modal dan PTSP, RSUD Wongsonegoro, Dinas Perhubungan, Dinas Kesehatan, Dinas Tata Ruang, Dinas Lingkungan Hidup, dan lainnya. (duh)

Tinggalkan Balasan