Home > METRO BERITA > Pemkot Usulkan Kenaikan TPP 2017 sebesar 43 Persen

Pemkot Usulkan Kenaikan TPP 2017 sebesar 43 Persen

METROSEMARANG.COM – Pemerintah Kota (Pemkot) Semarang mengusulkan kenaikan Tambahan Penghasilan Pegawai (TPP) tahun 2017 sebesar 43 persen dari tahun lalu. Usulan ini disampaikan dalam Rapat Paripurna DPRD Kota Semarang pada Senin (14/11).

PNS Kota Semarang diusulkan mendapat kenaikan Tunjangan Penghasilan Pegawai (TPP) pada 2017. Foto: metrosemarang.com/dok
PNS Kota Semarang diusulkan mendapat kenaikan Tunjangan Penghasilan Pegawai (TPP) pada 2017. Foto: metrosemarang.com/dok

Wakil Wali Kota Semarang, Hevearita Gunaryanti Rahayu mengatakan, usulan tambahan penghasilan ini dasarnya penghilangan honor-honor kegiatan dan penghematan SPPD (surat perintah perjalanan dinas) PNS. ”Digeser untuk anggaran kenaikan TPP, sehingga tidak mengeluarkan anggaran dari tempat lain,” katanya.

Selama ini anggaran untuk honor-honor kegiatan pegawai mencapai sekitar Rp 70 miliar dan SPPD Rp 20 miliar. Sehingga terjadi penghematan dengan pergeseran anggaran untuk kenaikan tambahan penghasilan ini sebesar total Rp 90 miliar.

Usulan kenaikan TPP ini juga berdasarkan Peraturan Pemerintah (PP) Nomer 58 Tahun 2005 tentang Pengelolaan Keuangan Daerah, dan Peraturan Menteri Dalam Negeri (Permendagri) Nomor 13 Tahun 2006.

Harapannya, dengan kenaikan ini semua PNS bisa merasakan adanya tambahan pendapatan atau penghasilan, sehingga kinerjanya bisa semakin baik. Selain itu nanti akan diterapkan reward dan punishment bagi yang melakukan pelanggaran.

Kalau sudah diberikan TPP yang besar tapi kinerjanya masih jelek maka akan mendapatkan punishment atau hukuman. Hukumannya tidak hanya berupa pemotongan TPP 5 persen tapi juga bisa penurunan pangkat hingga tidak naik gaji.

”Dengan keniakan TPP harapannya bisa memberikan pelayanan kepada masyarakat dengan baik. Tapi kalau malah melakukan pungli (pungutan liar) pasti diturunkan pangkatnya dan tidak naik gaji,” kata Ita, sapaan akrab wakil wali kota.

Kenaikan berlaku untuk PNS dari semua golongan, tetapi jumlah atau nilai rupiahnya berbeda tergantung dari golongan tersebut.

Kepala Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Kota Semarang, Bambang Sukono menambahkan, usulan kenaikan TPP 2017 persisnya rata-rata setiap golongan sebesar 48,3 persen. Namun dia tidak mengungkapkan nilai rupiahnya. ”Karena baru usulan, belum tentu nanti disetujui dewan,” katanya. (duh)