Home > METRO BERITA > METRO KAMPUS > Pemprov Janji Dukung Karya Inovasi Mahasiswa USM di Komukino 2017

Pemprov Janji Dukung Karya Inovasi Mahasiswa USM di Komukino 2017

METROSEMARANG.COM – Mahasiswa Program Studi Ilmu Komunikasi Fakultas Teknologi Informasi dan Komunikasi Universitas Semarang (USM) kembali menggelar kegiatan tahunan Festival Komukino, Minggu (8/1). Bertempat di Halaman Stadion Diponegoro, Jalan Ki Mangunsarkoro, Festival Komukino ke-5 mengambil tema Jawa Tengah Sae, yang dimaksudkan untuk melestarikan kebudayaan Jawa Tengah.
Urip Sihabudin saat meninjau stand kuliner di festival komukino. Foto: metrosemarang.com/yulikha elvitri

Menggandeng 6 eks karisidenan Jawa Tengah yang di dalamnya terdapat 35 kabupaten/kota, Festival Komukino menghadirkan beragam acara seperti Festival Kuliner, Festival Batik, Festival Dolanan tradisional, Talkshow, dan berbagai perlombaan.

“Acara ini bentuk aplikasi mata kuliah Komunikasi Pemasaran, Manajemen Acara, dan Internal Eksternal Public Relations,” beber Amalia Tias Hapsari, ketua panitia.

Menurutnya Komukino sepenuhnya merupakan hasil kerja mahasiswa dengan berbagai macam kreasi dan inovasi. Ia berharap generasi muda dapat merasa bangga dan tidak melupakan budaya tradisional yang pernah ada.

Terpisah, Kepala Dinas Kepemudaan, Olahraga, dan Pariwisata Provinsi Jawa Tengah Urip Sihabudin, menuturkan pihak Pemerintah Provinsi mengapresiasi sekali karya inovasi dari mahasiswa. Bahkan ia mengaku akan mengusulkan agar karya-karya terdebut dapat dikembangkan.

“Kalau packagingnya itu sudah baik, karena tadi masih kurang, bisa saya tawarkan pada turis nantinya,” ungkapnya.

Urip menegaskan mahasiswa tidak boleh berhenti berkarya, karena pihaknya selalu siap mendukung kreasi tersebut. Ia juga mengaku bangga karena mahasiswa bisa membuat inovasi baru dari makanan khas tiap daerah. Packaging dan promosi, kata dia masih perlu untuk diperbaiki dan tingkatkan lagi.

“Tentu kami siap mendukung, mendampingi, bahkan masalah permodalan juga,” imbuhnya.

Festival Komukino menghadirkan menu makanan khas dari tiap kabupaten/kota yang telah mereka kreasikan dengan inovasi, sehingga lebih modern. Selain bazar makanan, ada pula stand dolanan khas surakarta yang akan mengingatkan pengunjung pada kenangan permainan masa kecil. (vit)

Yuk, Berbagi Informasi

Bagikan Artikel Ini. Klik ikon di bawah.
close-link