Home > METRO BERITA > Pemugaran Gedung Sarekat Islam Semarang Tuntas

Pemugaran Gedung Sarekat Islam Semarang Tuntas

Wujud bangunan bersejarah Gedung Sarekat Islam Semarang setelah pekerjaan pemugaran tuntas 100 persen. Foto Metrosemarang/dok
Wujud bangunan bersejarah Gedung Sarekat Islam Semarang setelah pekerjaan pemugaran tuntas 100 persen. Foto Metrosemarang/dok

SEMARANG – Pemugaran Gedung Sarekat Islam (SI) Semarang sepenuhnya tuntas. Rencananya, para pecinta sejarah akan membikin acara menyambut malam Tahun Baru di bangunan gedung bersejarah tersebut.

“Pemugaran sudah selesai 100 persen. Ceritanya pada Senin malam (22/12) lalu sudah tuntas. Sore itu Pak Wahyu Widayat, ketua pemugaran BPCB datang dan setelah para tukang menyelesaikan beberapa pekerjaan kecil, sebagian tukang malam itu sudah mulai pulang ke rumah asalnya, mereka dari Klaten, Kudus, Semarang, dan beberapa kota lainnya,” ujar anggota Komunitas Pegiat Sejarah (KPS) Semarang Yunantyo Adi, Rabu (24/12).

Terakhir, lanjutnya, hari Selasa (23/12) pagi mandornya, Pak Supriyanto, menitipkan kunci gedung ke Agus Harsoyo, yang dipasrahi keamanan selama pemugaran, baru kemudian dia pulang ke rumahnya di Klaten.

Mengenai rencana kegiatan di malam Tahun Baru, Koordinator KPS Semarang Rukardi Achmadi mengatakan, antara lain membicarakan gagasan-gagasan mengenai pemanfaatan gedung cagar budaya itu.

“Gagasan-gagasan itu nanti seperti apa, berikutnya tetap akan dibahas bersama Pemkot, pengelola wakaf, masyarakat, pengelola TK dan PAUD, dan lainnya. Selain itu malam Tahun Baru nanti ada pemutaran film dan sebagainya, acaranya apa saja nanti baru akan kami ulas hari Jumat malam (26/12) besok,” katanya.

Kepala Balai Pelestarian Cagar Budaya (BPCB) Jateng Sri Ediningsih, Rabu (24/12), mengatakan serah terima gedung akan dilakukan pada bulan Januari 2015. “Menjelang akhir tahun ini pekerjaan sedang bertumpuk-tumpuk, jadi serah terima ke pengelola wakafnya baru bisa awal Januari 2015,” ujar dia.

Sementara, Ketua Harian Yayasan Balai Muslimin (Yabami) Semarang Soeratman mengatakan, pihaknya akan berkumpul dan rapat membahas hal-hal berkait Gedung SI Semarang pada tanggal 28 Desember nanti. “Harusnya Kamis (25/12) siang kami rapat, mumpung tanggal merah, tapi karena ada yang berhalangan dindur tanggal 28 Desember. Kalau ada rekan dari KPS yang mau ikut ya silakan,” ucapnya. (*)