Home > METRO BERITA > METRO JATENG > Pendidikan Tinggi Tak Jamin Lulusan Mudah Dapat Pekerjaan

Pendidikan Tinggi Tak Jamin Lulusan Mudah Dapat Pekerjaan

image
Ilustrasi pendaftaran CPNS. Foto Metro/dok

SEMARANG – Jumlah pengangguran di Jateng tercatat mencapai 970 ribu orang. Sebagian besar dari mereka  berpendidikan sekolah menengah pertama (SMP) ke bawah. 

Namun mempunyai ijazah sarjana bahkan S2 tidak menjamin akan langsung mendapat pekerjaan begitu lulus. Kemampuan khusus seperti mahir berbahasa Inggris, mampu mengoperasikan komputer, kemampuan bekerja dalam tim menjadi syarat yang seringkali mengganjal para fres graduated.  

Hal itu dikatakan Plt Kepala Dinas Tenaga Kerja Transmigrasi dan Kependudukan (Disnakertransduk) Jateng Wika Bintang. Menurutnya, banyak lulusan yang menjadi pengangguran karena tidak mampu memenuhi kualifikasi yang ditentukan perusahaan. “Peluang pekerjaan sebenarnya banyak, tapi antara keinginan pengguna dan pencari kerja seringkali tidak matching,” paparnya. 

Hal tersebut di antaranya terlihat dari bursa kerja yang digelar, rata-rata hanya 20 – 30 persen lowongan yang disediakan mampu terisi. Dia berharap masyarakat yang belum memiliki pekerjaan memanfaatkan bursa kerja yang ada sekaligus meningkatkan kompetensi diri untuk memenuhhi kualifikasi yang dibutuhkan.(MS-08)

Yuk, Berbagi Informasi

Bagikan Artikel Ini. Klik ikon di bawah.
close-link