Home > METRO BERITA > Pengesahan RPJMD Lambat, Ketua Dewan Kritisi Kinerja Ganjar

Pengesahan RPJMD Lambat, Ketua Dewan Kritisi Kinerja Ganjar

METROSEMARANG.COM – Ketua DPRD Kota Semarang, Supriyadi, menyesalkan belum disetujuinya pengajuan perubahan RPJMD (Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah) Kota Semarang tahun 2016-2021 oleh Gubernur Jateng Ganjar Pranowo. Dia mendesak kinerja gubernur agar bisa lebih cepat.

Supriyadi Foto: metrosemarang.com/ade lukmono
Ketua DPRD Kota Semarang Supriyadi
Foto: metrosemarang.com/dok

‘’Tentu kami menyesalkan adanya pengajuan draf perubahan RPJMD 2016-2021 (yang belum disahkan Gubernur). Karena di dalamnya memuat visi misi walikota, apabila RPJMD belum disahkan otomatis kami juga belum bisa membahas APBD murni 2018. Karena belum ada yang dijadikan dasar rujukan bagi program kegiatan tahun 2018,’’ kata Supriyadi, Minggu (12/11).

Dia mengharapkan Gubenur bisa sesegara mungkin mengesahkan hasil evaluasinya terhadap RPJMD Kota Semarang. Kemudian selanjutnya disampaikan ke DPRD Kota Semarang untuk dijadikan acuan atau rujukan dalam pembahasan APBD murni 2018. Saat ini pembahasan APBD murni sedang dilakukan di Badan Anggaran (Banggar).

Sesuai ketentuan, menurutnya APBD murni 2018 harus disahkan akhir bulan November ini. Karena itu Gubernur harus lebih cepat kinerjanya karena ini menyangkut anggaran untuk rencana kerja Pemerintah Kota Semarang tahun 2018. Agar kegiatan yang akan dilasaknakan bisa segera terealisasi tepat waktu.

‘’Kami kahwatir mundurnya pembahasan APBD murni 2018 karena RPJMD belum disetujui gubernur, akan berdampak pada kegiatan yang akan dilaksanakan tahun 2018,’’ tegasnya.

Perubahan dalam RPJMD 2016-2021 sendiri, lanjut Supriyadi, di antaranya termasuk perubahan mengenai Organisasi Perangkat Daerah (OPD). Beberapa OPD ada perubahan yang tentu tidak bisa diberikan anggaran tanpa adanya acuan RPJMD yang mengatur soal perubahan OPD tersebut.

‘’Sebab seluruh anggaran tergantung pada RPJMD yang telah disahkan. Kalau belum otomatis kami tidak berani spekulasi untuk membahas apalagi mengesahkan anggaran murni 2018,’’ katanya.

Mengantisipasi kalau akhir November RPJMD belum juga disahkan Gubernur, Supriyadi mengatakan dewan akan mendorong Pemerintah Kota Semarang agar berkomunikasi dengan gubernur. Selain itu dewan siap mendampingi dan membantu proses evaluasi RPJMD oleh gubernur agar cepat selesai.

‘’Karena sudah sejak tanggal 3 Oktober (draf perubahan RPJMD) disampaikan ke gubernur, tapi sampai sekarang hasil evaluasinya belum juga turun,’’ tandasnya. (duh)

Tinggalkan Balasan