Home > METRO BERITA > Penolakan Relokasi Pedagang Karangayu, Dewan Salahkan Dinas Pasar

Penolakan Relokasi Pedagang Karangayu, Dewan Salahkan Dinas Pasar

METROSEMARANG.COM – Penolakan atas rencana relokasi pedagang Pasar Karangayu di lapangan setempat dinilai merupakan kesalahan Dinas Pasar yang kurang intens dalam melaksanakan sosialisasi kepada warga. Hal itu diungkapkan Ketua DPRD Kota Semarang Supriyadi yang mengatakan bahwa sosialisasi yang dilakukan kurang persuasif dan kurang masif.

Pasar Karangayu Semarang. Foto: metrosemarang.com/dok
Pasar Karangayu Semarang. Foto: metrosemarang.com/dok

Dinas Pasar diminta untuk lebih rajin turun ke warga dan pedagang demi lancarnya proses relokasi. Hal ini untuk memberikan kepercayaan kepada warga jika dalam proses relokasi tidak akan terjadi hal-hal yang dikhawatirkan warga.

“Kekhawatiran warga yakni terkait dengan dampak penggunaan lapangan yang dapat mengakibatkan sarana dan prasarana yang rusak jika ada aktivitas pasar di wilayah mereka. Padahal rencana relokasi pedagang Pasar Karangayu di lapangan milik Pemkot juga akan diikuti dengan fasilitas yang baik pula,” ungkapnya, Minggu (24/4).

Wali Kota Semarang Hendrar Prihadi mengatakan, lapangan tersebut merupakan aset Pemkot Semarang yang akan dipakai dua tahun. Diakuinya, sampai saat ini Pemkot belum berdialog khusus dengan warga sekitar.

“Pasar Karangayu akan dibangun lebih baik. Kami meminta ego warga dapat diturunkan karena keberatan warga sudah diantisipasi Pemkot, seperti adanya toilet umum dan petugas kebersihan,” paparnya. (ade)