Home > METRO BERITA > METRO KAMPUS > Penyusunan Anggaran Sekolah Harus Libatkan Orang Tua Siswa

Penyusunan Anggaran Sekolah Harus Libatkan Orang Tua Siswa

image

SEMARANG – Di awal tahun ajaran baru 2014/2015, sekolah-sekolah saat ini tengah menyusun Rencana Anggaran Pendapatan dan Belanja Sekolah (RAPBS). Menurut Kepala Dinas Pendidikan Kota Semarang, Bunyamin, dalam penyusunan RAPBS orang tua siswa harus dilibatkan.

“Setelah dibahas bersama orang tua, dengan komite sekolah. Baru diajukan ke Dinas Pendidikan. Setelah diverifikasi oleh dinas, akan dikembalikan ke sekolah dan harus disampaikan kepada orang tua kembali. Yang sudah diverifikasi dinas itu dasarnya,” kata Bunyamin.

Menurutnya, penyusunan RAPBS biasanya membutuhkan waktu sekitar 1,5 bulan. “Pedomannya sudah ada pada rencana dan kegiatan anggaran atau RKA. Sekolah akan menentukan kebutuhan selama setahun,” lanjut Bunyamin.

Pos anggaran untuk sekolah negeri di Kota Semarang dari APBD sudah ada. Sementara, sumbangan dari orang tua bersifat sukarela. Kendati demikian, harus dibicarakan lebih dulu bersama orang tua siswa. Kegiatan yang tidak dibiayai pemerintah harus dibicarakan bersama komite sekolah yang mewakili orang tua.

Prinsipnya, tandas Bunyamin, warga miskin tak boleh dibebani. Tetapi yang mampu boleh membantu. Sehingga terjadilah subsidi silang. (MS-06)