Home > METRO BERITA > METRO KAMPUS > Perguruan Tinggi Islam Punya Peran Penting dalam Perdamaian Dunia

Perguruan Tinggi Islam Punya Peran Penting dalam Perdamaian Dunia

METROSEMARANG.COM – Universitas Islam Negeri (UIN) Walisongo Semarang sebagai salah satu perguruan tinggi Islam berkomitmen dalam menciptakan Global Peace atau perdamaian dunia. Kontribusi UIN tersebut diwujudkan dalam bentuk seminar internasional bertema Contributions of Islamic Higher Education for Global Peace yang digelar di Hotel Novotel Semarang, Selasa (22/11) pagi.

Rektor UIN Walisongo, Prof. Muhibbin Foto: metrosemarang.com/yulikha elvitri
Rektor UIN Walisongo, Prof. Muhibbin
Foto: metrosemarang.com/yulikha elvitri

Seminar yang menghadirkan pakar dari beberapa negara seperti Korea Selatan, Arab Saudi, Malaysia, dan Amerika ini membahas mengenai peran perguruan tinggi khususnya perguruan tinggi Islam dalam menciptakan perdamaian dunia.

Rektor UIN Walisongo, Prof. Muhibbin menuturkan, perguruan tinggi di Indonesia dengan basic keilmuan Islam di adalah yang terbesar di dunia.
“Banyak sekali perguruan tinggi Islam, yang negeri saja ada 55, swasta ratusan,” terang Muhibbin saat ditemui usai pembukaan seminar.

Menurutnya seminar tersebut penting dan relevan dengan situasi global saat ini. Munculnya kaum ekstrimis juga merupakan keniscayaan, serta aksi damai yang dilakukan umat muslim awal November lalu juga tidak bisa dicegah karena merupakan hak demokrasi warga.

“Maka dari itu, kami juga ingin mencari solusi terbaik. Tentunya kami juga ingin melahirkan pemikir-pemikir Muslim yang bisa memberi sumbangsih bagi perdamaian,” tegas Muhibbin.

Kontribusi nyata dari UIN Walisongo, kata dia, dengan memberikan dan menekankan akan pentingnya literasi agama. Hal tersebut dilakukan melalui kurikulum pembelajaran yang diterapkan di UIN Walisongo sebagai upaya melahirkan lulusan yang berkualitas dan berkontribusi dalam perdamaian. (vit)