Home > METRO BERITA > Peringati Hari Cinta Puspa Satwa, Siswa SMA 14 Tebar Benih Ikan Nila

Peringati Hari Cinta Puspa Satwa, Siswa SMA 14 Tebar Benih Ikan Nila

METROSEMARANG COM – Siswa dan guru SMA Negeri 14 Semarang menebar ribuan benih ikan nila di kolam dan sungai sekitar sekolah di Jalan Kokrosono, Panggung Lor, Semarang Utara, Jumat (4/11) pagi. Tak hanya itu, untuk memperingati hari ‘Cinta Puspa dan Satwa’ siswa dan guru juga menanam 1.000 bunga dan tanaman berbagai jenis.

Foto: metrosemarang.com/istimewa
Foto: metrosemarang.com/istimewa

“Semangat peduli dan cinta akan alam kami tuangkan dengan cara positif mengajak siswa-siswi berpartisipasi dalam kegiatan positif mencintai lingkungan,” kata Kepala SMA Negeri 14 Semarang, Lukita Yuniati usai acara.

SMA Negeri 14 tengah berjuang menuju sekolah Adi Wiyata Mandiri, sehingga sekolah selalu menekankan pentingnya melestarikan lingkungan dan keanekaragaman hayati. SMA Negeri 14 Semarang bahkan telah memiliki sekolah binaan dari SD, SMP, SMA dan SMK, sejumlah 22 sekolah dan 13 diantaranya sudah menjadi sekolah Adi Wiyata Nasional.

“Setiap harinya, siswa selalu diajarkan mencintai lingkungan. Bahkan ada program yang telah berjalan bertahun-tahun, seperti gerakan sambil menyanyi, memungut, dan memilah sampah atau disingkat GEMMES yang dilaksanakan 10 menit sebelum pulang sekolah,” terangnya.

Lukita menjelaskan, sampah yang ada dilingkungan sekolah setiap hari didaur ulang, dipilah-pilah dan dimanfaatkan. “Sampah non organik didaur ulang oleh siswa menjadi aneka karya kerajinan berbagai bentuk yang dipamerkan dietalase sekolah, dipasarkan di luar sekolah, bahkan banyak pula yang sering diikutsertakan dalam pameran. Sedangkan sampah organik dibuat komposting untuk memupuk tanaman yang ada di sekolah,” imbuhnya.

Perwakilan Dinas Pendidikan Kota Semarang, Totok Istidaryanto menyatakan, peringatan Hari Cinta Puspa dan Satwa jangan hanya sebagai momentum saja. Namun perlu direalisasikan dalam kehidupan sehari-hari.

“Saya cukup terkesan dengan SMA Negeri 14 Semarang karena telah mengimplementasikan kecintaan dan kepedulian terhadap lingkungan dalam pembelajaran sehari-hari. Bahkan SMA 14, pada tahun ini ditunjuk Kota Semarang untuk mewakili sekolah sehat tingkat nasional,” ungkapnya.

Peringatan Hari Cinta Puspa dan Satwa dimeriahkan pula dengan parade tari Semarangan, fashion show baju daur ulang sampah, serta wisata safari seluruh siswa kelas XII ke Taman Margasatwa (Bonbin) Mangkang. (vit)