Home > METRO BERITA > Peringati Hari Pahlawan, Ini Pesan Hendi untuk Warga Semarang

Peringati Hari Pahlawan, Ini Pesan Hendi untuk Warga Semarang

METROSEMARANG.COM – Wali Kota Semarang, Hendrar Prihadi, mengajak masyarakat menjadikan Hari Pahlawan 10 November momentum untuk refleksi makna pengorbanan para pahlawan. Setiap warga harus menyalakan jiwa kepahlawanannya untuk perjuangan mengisi kemerdekaan.

Hendi-Ita ngonthel menuju Balai Kota. Foto: metrosemarang.com/dok
Hendi-Ita ngonthel menuju Balai Kota. Foto: metrosemarang.com/dok

Menurutnya, pelajaran moral dari para pahlawan adalah seberat apapun tantangan yang dihadapi dan keterbatasan, tidak akan menyurutkan semangat perjuangan. Mereka telah mewariskan ‘politik harapan’ dan bukan ‘politik ketakutan’.

Perjuangan para pahlawan juga menunjukkan mental, karakter, dan daya hidup luar biasa dalam menghadapi berbagai rintangan dan penderitaan. Bung Karno menyampaikan, kata wali kota, semangat kepahlawanan adalah semangat rela berjuang dengan penuh idealisme. Selalu mengutamakan kepentingan umum di atas kepentingan pribadi.

‘’Saat ini, maka perjuangan lebih ke arah untuk memperbaiki keadaan negeri untuk keluar dari berbagai persoalan bangsa. Patriotisme progresif dituntut menghadirkan kemandirian bangsa, tanpa terperosok pada sikap anti-asing,’’ katanya, pada upacara Hari Pahlawan 2016 di Balai Kota Semarang, Kamis (11/9).

Upacara peringatan Hari Pahlawan ini diikuti wakil wali kota, muspida, pelajar, TNI, Polri, tokoh pemuda, tokoh masyarakat serta para veteran.

Hendi-panggilan akrab wali kota, melanjutkan, perjuangan  yang penuh idealisme saat ini, adalah berjuang bukan untuk kepentingan pribadi dan membangun negeri sesuai zamannya. Dia mengajak seluruh masyarakat untuk terus berjuang, bekerja, berkarya menjadi pahlawan bagi diri sendiri, lingkungan, masyarakat dan bagi negeri ini. (duh)