Home > METRO BERITA > Peringati Peristiwa 65, Bendera Setengah Tiang Berkibar di Kantor Gubernur Jateng

Peringati Peristiwa 65, Bendera Setengah Tiang Berkibar di Kantor Gubernur Jateng

METROSEMARANG.COM – Sebanyak tujuh gedung pemerintahan di lingkungan Pemprov Jawa Tengah, Jumat (30/9), mengibarkan bendera setengah tiang untuk memperingati jatuhnya korban pada peristiwa berdarah gerakan 30 September 1965 silam.

Foto: metrosemarang.com/fariz fardianto
Foto: metrosemarang.com/fariz fardianto

Metrosemarang.com memantau sejak pukul 11.00 WIB, ketujuh instansi dinas yang memasang bendera setengah tiang antara lain gedung Kesatuan Bangsa Politik dan Perlindungan Masyarakat (Kesbangpolinmas) Jateng Jalan Ahmad Yani, gedung RRI Semarang, gedung Pramuka Jalan Pahlawan, Perhutani Jateng, Dinas Sosial (Dinsos) Jateng, kantor Disperindag Jateng.

Menariknya, kantor Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo pun ikut mengibarkan bendera setengah tiang. Bendera setengah tiang dipasang tepat di depan spanduk raksasa bergambar Ganjar-Heru di halaman kantor Gubernur Ganjar.

“Ya memang di kantor kami juga mengibarkan bendera setenfah tiang. Ini sebagai bentuk penghormatan atas peristiwa G30S PKI tiap tanggal 30 September dan menjelang Hari Kesaktian Pancasila 1 Oktober nanti,” ungkap seorang penjaga keamanan di kantor Kesbangpolinmas Jateng kepada¬†metrosemarang.com.

Sementara Budiyanto, Kabid Divisi Ideologi dan Kewaspadaan Kesbangpolinmas Jateng menyatakan pengibaran bendera di kantornya sebagai wujud berdukacita atas kematian para jenderal saat peristiwa pembunuhan massal pada 30 September 1965 silam.

Meski begitu, ia menyayangkan para kepala dinas yang belum sepenuhnya menyadari akan arti pentingnya memahami peringatan G30S PKI di Indonesia. “Akibatnya tahun ini tidak banyak bendera setengah tiang yang dipasang di kantor-kantor dinas,” katanya. (far)