Home > METRO BERITA > Permintaan Meningkat, Stok Darah di PMI Semarang Masih Aman

Permintaan Meningkat, Stok Darah di PMI Semarang Masih Aman

METROSEMARANG.COM – Permintaan darah dalam meningkat tajam dalam sebulan terakhir karena banyak penyakit akibat perubahan cuaca dan demam berdarah (DB). Terutama permintaan untuk trombosit. Namun demikian stok darah di PMI Kota Semarang masih aman.

Sejumlah anggota TNI dan karyawan Pemkot Semarang ikut mendonorkan darah pada kegiatan donor darah dalam rangka HUT ke-45 Korpri di Kantor Korpri Kota Semarang, Rabu (23/11). Foto: metrosemarang.com/masrukhin abduh
Sejumlah anggota TNI dan karyawan Pemkot Semarang ikut mendonorkan darah pada kegiatan donor darah dalam rangka HUT ke-45 Korpri di Kantor Korpri Kota Semarang, Rabu (23/11). Foto: metrosemarang.com/masrukhin abduh

Hal itu diungkapkan dokter laboratorium PMI Kota Semarang, dr Ana Kartika, pada kegiatan bhakti sosial donor darah dan pemeriksaan kesehatan gratis, yang digelar dalam rangka HUT ke-45 Korpri, Rabu (23/11)

Donor darah dilaksanakan di Kantor Korpri Semarang Jalan Kimangun Sarkoro ini diikuti seluruh PNS yang tersebar di 55 SKPD, Muspida, karyawan karyawati perusahaan swasta, Unit kerja Dharma Wanita, TP PKK dan para mahasiswa.

dr Ana Kartika mengapresiasi Pemkot Semarang yang telah menggelar bakti sosial donor darah. Pemkot Semarang sering bekerjasama dengan PMI menggelar donor darah bahkan bisa 5-6 kali setahun.

”Bulan-bulan ini permintaa darah meningkat tajam karena banyak penyakit akibat perubahan cuaca dan DB. Terutama permintaan untuk trombosit,” ujarnya.

Ana menambahkan, jumlah yang didapatkan pada kegiatan ini adalah 200 kantong darah. Jumlah stok darah PMI masih aman memenuhi kebutuhan darah. Tidak hanya didistribusikan di Semarang tapi juga di kota-kota lain.

”Kami akan mendistribusikan ke kota-kota terdekat Semarang di antaranya Grobogan, Kendal, dan Kabupaten Semarang. Kami harap instansi di Kota Semarang ┬ábisa meniru langkah Pemkot Semarang untuk membantu ketersediaan darah di Kota Semarang,” ujarnya.

Sedangkan pemeriksaan kesehatan gratis di laksanakan di seluruh Kecamatan Kota Semarang yang tersebar di Kelurahan. Adapun yang diperiksa tekanan darah, gula darah, dan penyakit-penyakit ringan pada umumnya.

Panitia HUT Korpri, Ayu Entys mengatakan, bakti sosial donor darah merupakan ungkapan syukur diberi kesehatan dan untuk meningkatkan rasa kesetiakawanan dan kepedulian terhadap lingkungan.

”Diharapkan dengan peringatan ini dijadikan momentum untuk meningkatkan kinerja Aparatur Sipil Negara sebagai anggota Korpri di semua tingkat kepungurusan,” katanya. (duh)

Tinggalkan Balasan