Home > METRO BERITA > Persiapan Pemberangkatan Calhaj Semarang Capai 80 Persen

Persiapan Pemberangkatan Calhaj Semarang Capai 80 Persen

METROSEMARANG.COM – Panitia haji di Semarang memastikan tahap pemberangkatan 1.433 calon jemaah haji ke Tanah Suci Mekah kini telah mencapai 80 persen. Kasi Penyelenggaraan Haji dan Umroh Kantor Kementerian Agama Kota Semarang, Ahmad Syamsudin, menyebut ia telah menuntaskan tahapan bimbingan manasik 5 kali di tingkat kecamatan.

Ilustrasi Foto: metrosemarang.com/dok metrojateng.com
Ilustrasi
Foto: metrosemarang.com/dok metrojateng.com

“Dan yang terakhir itu digelar pada 7 Agustus di tingkat kecamatan,” ungkapnya kepada¬†metrosemarang.com, Selasa (9/8).

Bimbingan manasik itu dilakukan di tiap masjid kecamatan. Bimbingan manasik paling banyak diadakan dk Pedurungan, Banyumanik, Gayamsari, Semarang Utara dan Selatan.

Untuk manasik di tingkat kota, katanya diadakan dua kali di Gedung Wanita Jalan Sriwijaya. Dari jumlah jemaah haji yang berangkat tahun ini sebanyak 1.433 orang, sebanyak 600 orang di antaranya pria dan sisanya 700 perempuan.

“Yang orang meninggal dunia sebelum berangkat pengembaliannya sudah dilunasi. Tapi ada juga orang yang menunda keberangkatannya karena faktor tertentu,” jelasnya.

Para calhaj yang diberangkatkan tahun ini kebanyakan telah menunggu selama enam tahun. Pasalnya, kuota pemberangkatan haji tiap tahunnya selalu berubah. Pada tahun ini saja, sebenarnya ada 1.457 orang, namun beberapa masih menunggu kelengkapan visa. (far)