Home > METRO BERITA > METRO SPORT > Persibat vs PSIS: Kembali ke Jalur Kemenangan

Persibat vs PSIS: Kembali ke Jalur Kemenangan

METROSEMARANG.COM – PSIS sudah melupakan kekalahan menyakitkan dari PSIM Yogyakarta. Kini Johan Yoga dkk siap mencari penebusan di kandang Persibat Batang, Minggu (7/8) sore nanti.

Feri Ariawan bakal menjadi motor serangan di lini tengah PSIS saat meladeni tuan rumah Persibat, Minggu (7/8). Foto: metrosemarang.com/tri wuryono
Feri Ariawan bakal menjadi motor serangan di lini tengah PSIS saat meladeni tuan rumah Persibat, Minggu (7/8). Foto: metrosemarang.com/tri wuryono

Kekalahan di markas Laskar Mataram, Sabtu (30/7), memutus rentetan empat kemenangan yang diukir PSIS. Inilah kali pertama dari tujuh laga di Grup 4 Indonesia Soccer Championship (ISC) B, skuat racikan Eko Riyadi gagal mendulang poin.

Manajer PSIS, Wahyu ‘Liluk’ Winarto ingin skuat Mahesa Jenar segera bangkit dan mengganti poin yang hilang saat timnya menantang tuan rumah Persibat. “Kami cukup puas dengan penampilan anak-anak di kandang PSIM. Tim harus tetap tenang dan fokus untuk menghadapi pertandingan melawan Persibat Batang,” kata Liluk, Sabtu (6/8).

Hasil negatif di Stadion Sultan Agung tersebut belum menggoyahkan posisi PSIS di puncak klasemen Grup 4. Mahesa Jenar mengantongi 16 poin, unggul lima angka dari Persijap Jepara, PSIR Rembang dan PSIM yang baru mengoleksi 11 poin.

“Masih ada lima pertandingan ke depan dan 15 poin yang bisa kami raih. Kans lolos ke babak 16 besar juga masih terbuka lebar. Kami harus bisa mengambil poin di Batang, sekaligus mengganti poin yang terbuang di kandang PSIM,” tegasnya.

Kans PSIS untuk kembali ke jalur kemenangan cukup terbuka jika menilik rekor kandang Persibat. Dari empat laga yang dimainkan di Stadion Moh Sarengat, tim berjuluk Banteng Alas Roban itu hanya sanggup membukukan dua kemenangan dan sisanya berakhir imbang.

Pada laga kandang terkini, Sabtu (23/7), Tugi Hadi cs nyaris keok dari PSIM Yogyakarta, sebelum akhirnya memaksakan hasil imbang 2-2. Sebelumnya, di tempat yang sama mereka juga diimbangi PPSM Magelang 1-1 pada matchday 2.

Namun, pelatih Eko Riyadi mengingatkan potensi kejutan yang bakal dihadirkan tuan rumah. Skuat racikan Didik Listyantoro itu juga tengah berusaha bangkit usai takluk 1-2 di markas PSIR Rembang, akhir pekan kemarin.

“Persibat tentunya tak ingin kehilangan muka di hadapan pendukung sendiri. Mereka juga mengincar kemenangan untuk menjaga peluang lolos ke babak 16 besar. Yang penting anak-anak harus tetap fokus pada pertandingan dan tidak terprovokasi lawan,” beber Eko.

Persibat saat ini masih bertengger di peringkat lima dengan poin 10, tertinggal enam angka di bawah PSIS. Laskar Banteng Alas Roban cukup dekat dengan tiga tim di atasnya, PSIM, PSIR dan Persijap Jepara yang sama-sama mengoleksi poin 11.

Setelah meladeni Persibat, PSIS akan melakoni dua laga kandang berturut-turut melawan PSIR (20/8) dan PPSM Magelang (27/8). Selanjutnya, Johan Yoga dkk bakal melawat ke kandang Persijap (3/9) dan PPSM (10/9). (twy)

Perkiraan Pemain
Persibat 4-2-3-1: Sendri Johansyah–Arif Budiyono, Mumin Aliansyah, Tugi Hadi, Lucky Octtavianto; Wahyu Susilo, Cahya Sumirat; M Solihin, Risky Wijayanto, Engkus Kuswaha; Eki Nurhakim

PSIS 4-2-3-1: Barep Wahyudi–Anhar Latif, Tegar Pribadi, AM Bahtiar, Safrudin Tahar; Ahmad Agung, Edy Anto; Hari Nur, Feri Ariawan, Dani Raharjanto; Johan Yoga