Home > METRO BERITA > METRO KAMPUS > Pertama di Indonesia, PIP Semarang Kini Punya Simulator Dynamic Positioning

Pertama di Indonesia, PIP Semarang Kini Punya Simulator Dynamic Positioning

METROSEMARANG.COM – Politeknik Ilmu Pelayaran (PIP) Semarang kini memiliki alat canggih berupa simulator Dynamic Positioning. Alat ini merupakan pertama yang dimiliki oleh PIP se-Indonesia.

Instruktur Dinamic Positioning PIP Semarang, Adib Zamhari menunjukkan ruangan Simulator Dynamic Positioning System di PIP Semarang. Foto: metrosemarang.com/ade lukmono
Instruktur Dynamic Positioning PIP Semarang, Adib Zamhari menunjukkan ruangan Simulator Dynamic Positioning System di PIP Semarang. Foto: metrosemarang.com/ade lukmono

Dijelaskan oleh Instruktur Dinamic Positioning PIP Semarang, Adib Zamhari, alat ini merupakan kemajuan teknologi dari yang sebelumnya manual menjadi otomatis. Dengan demikian, kapal tidak akan goyah walaupun diterjang berbagai cuaca buruk.

“Jika dulu harus dioperasikan secara manual, kini hanya perlu mengatur melalui komputer yang terhubung dengan mesin kapal. PIP Semarang memiliki simulator alat ini dan bisa dijadikan sebagai tempat diklat bagi para pelaut yang ingin mengoperasikan Dynamic Positioning,” kata dia, Rabu (19/10).

Sebelumnya, para pelaut harus belajar di Singapura atau Filipina, bahkan India. Biaya yang harus dikeluarkan untuk belajar Dynamic Positioning juga lebih mahal.

Di PIP Semarang, alat simulator ini sudah digunakan selama tiga bulan terakhir. Rencananya, Simulator Dynamic Positioning akan diresmikan oleh Menhub Republik Indonesia pada 17 November 2016 mendatang.

Adib menambahkan, saat ini bagi pelaut yang akan menggunakan Simulator Dynamic Positioning ini masih diberikan harga promosi. “Untuk kelas basic hanya Rp 15 juta dan untuk kelas advanced hanya Rp 20 juta. Pelatihan dilakukan selama empat hari. Harga ini jauh lebih murah ketimbang harus diklat di luar negeri,” paparnya. (ade)