Home > METRO BERITA > METRO GAYA > Imlek Semarang > Pesanan Hio Naik Sedikit Jelang Tahun Ayam Api

Pesanan Hio Naik Sedikit Jelang Tahun Ayam Api

METROSEMARANG.COM – Penjualan hio di Kampung Pecinan Semarang menjelang datangnya perayaan Tahun Baru Cina (Imlek) meningkat signifikan. Beberapa perajin hio setempat saat disambangi metrosemarang.com sibuk merampungkan pesanan dari klenteng-klenteng di Kota Lumpia.

Foto: metrosemarang.com/fariz fardianto

Di Jalan Wotgandul Dalam Semarang Tengah, para perajin hio di industri rumahanĀ  menerima pesanan hio berbagai jenis dan piranti lainnya untuk sembahyang saat Imlek nanti. Hio merupakan barang sakral yang dipakai umat Khonghucu saat bersembahyang di klenteng.

Ada banyak ukuran hio dan para perajin kebanyakan menerima pesanan dua atau tiga pekan jelang Imlek.

Heri Sulistyo, seorang perajin hio bilang permintaan masyarakat saat ini cukup tinggi. Saking banyaknya, ia mengaku sampai kewalahan menerima pesanan dari berbagai kelenteng yang ada saat ini.

“Rata-rata pesanannya naik 5 persen, permintaan cenderung meningkat sedikit dibanding hari biasanya,” kata Heri kepada metrosemarang.com, Selasa (24/1).

Permintaan paling banyak datang dari klenteng luar kota Semarang. Ia biasanya menjual murah dari Rp 10 ribu sampai ratusan ribu rupiah. Dalam sehari ia bisa menrampungkan ratusan pesanan hio. (far)