Home > METRO BERITA > METRO SPORT > Peserta ISC B Ikuti Workshop di Jakarta, Ini yang Dibahas

Peserta ISC B Ikuti Workshop di Jakarta, Ini yang Dibahas

METROSEMARANG.COM – PT Gelora Trisula Semesta (GTS) menggelar workshop yang diikuti klub-klub peserta Indonesia Soccer Championship (ISC) B di Grand Cempaka Hotel, Jakarta, Selasa (26/4). Kegiatan tersebut sekaligus menjadi pembekalan bagi klub sebelum liga digulirkan akhir pekan ini.

Pertemuan yang dihadiri 53 perwakilan klub kontestan ISC B itu membahas tentang dua agenda utama, yakni  komersial marketing dan diberlakukannya sistem registrasi pemain secara online. Sayangnya, PT GTS selaku operator ISC justru tidak mengirimkan wakilnya, sehingga para peserta tidak bisa memeroleh penjelasan secara detil.

Workshop ISC B di Jakarta, Selasa (26/4). Foto: metrosemarang.com/istimewa
Workshop ISC B di Jakarta, Selasa (26/4). Foto: metrosemarang.com/istimewa

Syafiq Bahanan selaku Account Manager and Senior Analyst Labbola memaparkan pentingnya aspek komersial marketing dalam pengelolaan sepakbola modern. “Ada daya tarik yang bisa ditawarkan untuk mendatangkan sponsor,” katanya.

Sedangkan, sistem registrasi online bisa memberi kemudahan klub untuk mendaftarkan pemainnya. Selain lebih menghemat waktu, sistem ini juga menjadi salah satu bentuk transparansi.

Namun, Syafiq mengingatkan bahwa ada empat hal yang wajib diperhatikan klub dalam mendaftarkan pemainnya, yakni kewajiban mengirimkan draf kontrak kerja, fotokopi KTP, fotokopi NPWP dan pas foto.

Manajer Tim PSIS Wahyu ‘Liluk’ Winarto mengapresiasi terhadap terobosan yang dilakukan PT GTS. Menurutnya, jika kedua hal tersebut bisa direalisasikan, dia optimistis persepakbolaan Indonesia bakal semakin baik.

“Memang sebaiknya dimulai dari sekarang, tapi harus secara bertahap. Bagaimanapun, untuk menjual sebuah tim dibutuhkan dukungan banyak pihak,” katanya.

Liluk pun mencontohkan bahwa membangun tim yang layak jual diperlukan sinergitas dengan pemerintah. “Di sinilah peran stakeholder lain seperti pemerintah dibutuhkan dengan menyediakan fasilitas yang memadai,” tukasnya. (twy)