Home > METRO BERITA > KULINER > Pesona Pagoda Avalokitesvara di Vihara Buddhagaya Semarang

Pesona Pagoda Avalokitesvara di Vihara Buddhagaya Semarang

image

VIHARA Buddhagaya Watugong adalah satu obyek wisata yang sayang untuk dilewatkan ketika Anda berada di Semarang. Vihara yang terletak di Kecamatan Banyumanik ini bisa ditempuh dengan menggunakan kendaraan pribadi maupun kendaraan umum.

Keistimewaan vihara ini terletak pada Pagoda Avalokitesvara (Metta Karuna) yang berdiri menjulang setinggi 45 meter. Pagoda bertingkat tujuh ini merupakan ikon dari vihara yang diresmikan tahun 2006 lalu itu, sekaligus merupakan pagoda tertinggi di Indonesia menurut Museum Rekor Indonesia (Muri).

Mengapa tujuh tingkat? Karena umat Budha mempercayai bahwa seseorang yang bertapa baru akan mencapai kesucian pada tingkat ketujuh.

Pada lantai kedua hingga keenam di pagoda ini terdapat patung Dewi Kwan Im yang menghadap ke empat penjuru angin. Hal ini dimaksudkan agar sang dewi welas asih memancarkan kasih sayangnya kepada seluruh umat manusia di berbagai penjuru. Dan pada lantai tertinggi terdapat patung Amitaba, yang adalah guru para dewa.

Meskipun Anda bukan umat Budha, namun Anda tidak dilarang jika ingin berwisata ke vihara ini. Di tempat ini, Anda bisa mengetahui kisah sang Budha saat mendapatkan pencerahan. Anda juga bisa mengabadikan momen bersama keluarga di sini.

Bahkan, jika Anda ingin menghabiskan waktu lebih lama di vihara ini, Anda bisa menyewa cottage yang disediakan pengurus vihara, asalkan tetap mematuhi peraturan dan norma yang berlaku di masyarakat.

Bagaimana? Tertarik? Tetapkan jadwal Anda untuk berwisata ke sini. (ren)

Yuk, Berbagi Informasi

Bagikan Artikel Ini. Klik ikon di bawah.
close-link