Home > METRO BERITA > Petani Ngaliyan Sulap Keong Mas jadi Pupuk Penyubur Jagung

Petani Ngaliyan Sulap Keong Mas jadi Pupuk Penyubur Jagung

METROSEMARANG.COM – Sekelompok petani di Ngaliyan rupa-rupanya membuat gebrakan dengan menggunakan keong mas sebagai pupuk penyubur ladang jagung.

Ilustrasi
Ilustrasi

Kasi Perlindungan Tanaman dan Hortikultura Dispertan Kota Semarang, Muji Mulyo mengatakan keong mas awalnya dikumpulkan dalam jumlah banyak. Lalu, 10 kilogram keong, ditumbuk halus dengan 1 kilogram ikan bandeng, 1 buah nanas muda serta 1 kilogram daun kelor.

Setelah ditumbuk halus, kembali dicampur 1 ons asam nitrat untuk mengurangi kadar keasaman.

Ia kemudian memasukannya ke dalam wadah yang tertutup rapat selama satu bulan. “Itu bisa menghasilkan 1 liter asam amino dan bisa menyuburkan jagung 1 hektar,” ujarnya saat ditemui, Kamis (8/9).

Meski begitu, ia menekankan kalau pemberian asam amino jangan terlalu berlebihan karena dapat membuat akar tanaman mati kepanasan.

Ia menyatakan asam amino telah diujicoba dan hasilnya pada jagung cukup memuaskan. “Lebih bagus ketimbang kimia,” akunya seraya menjelaskan kalau kualitas tanaman meningkat usai ditaburi asam amimo dan daunnya pun lebih hijau dan buahnya besar-besar.

Ia bilang dari hasil hanya 60 ton, dengan memakai asam amino bisa bertambah jadi 70 ton.

Samino petani lokal menyambut positif pemberian asam amino pada ladang jagungnya. Sebab, pupuk organik cenderung sulit digunakan karena berat.

“Lebih mudah dari pupuk biasanya. Semoga ini bisa berkembang, dan dicontoh petani lain di Indonesia,” jelasnya. (far)