Home > METRO BERITA > METRO JATENG > Pilkada 2017, Bawaslu: Tidak Ada Laporan Money Politic di Salatiga

Pilkada 2017, Bawaslu: Tidak Ada Laporan Money Politic di Salatiga

METROSEMARANG.COM – Kota Salatiga menjadi satu-satunya daerah penyelenggara pemilihan kepala daerah (Pilkada) serentak di Jawa Tengah yang bersih dari laporan praktik bagi-bagi uang (money politic). Hal itu setidaknya terungkap dalam hasil pantauan petugas Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) selama masa coblosan 15 Februari kemarin.

Ilustrasi

Ketua Bawaslu Jateng Abhan Misbah, mengatakan dibandingkan tujuh kabupaten/kota lainnya, di Salatiga rupa-rupanya tak ditemukan laporan money politic di tengah masyarakat. “Di Salatiga tidak ada laporan soal money politic,” tegasnya saat dikonfirmasi metrosemarang.com, Jumat (17/2).

Akan tetapi, atas kemenangan pasangan bernomor urut dua Yuliyanto-Muh Haris dengan selisih 1.238 suara, kubu Agus Rudianto-Dance Ishak Palit menyatakan tak terima.

Banyak saksi di TPS pendukung Agus-Yance yang berada di empat kecamatan menolak menandatangani berita acara rekapitulasi suara. “Mereka mempersoalkan jumlah DPT dan pemilih laki-laki dan perempuan,” bebernya.

Karena itulah, pekan depan pihak pelapor akan diklarifikasi untuk dimintai keterangan secara langsung. Kasus money politic lainnya yang marak berada di Pati dengan 13 kasus, Brebes, Cilacap, Batang, dan Banjarnegara masing-masing satu kasus.

Pelaksanaan Pilkada serentak juga dianggap berjalan lancar dan damai. Menurutnya, kedewasaan masyarakat Jawa Tengah untuk menyikapi hasil Pilkada sudah cukup baik. (far)

Tinggalkan Balasan