Home > METRO BERITA > METRO JATENG > Pilkada 2017, Tujuh Daerah di Jateng Rawan Konflik

Pilkada 2017, Tujuh Daerah di Jateng Rawan Konflik

METROSEMARANG.COM – Kabupaten Brebes menjadi satu-satunya daerah yang diawasi ketat oleh Bawaslu Jateng, lantaran masuk dalam kategori daerah dengan indek kerawanan tingkat sedang di bursa Pilkada 2017 nanti.

Ilustrasi  Foto: metrosemarang.com/dok
Ilustrasi
Foto: metrosemarang.com/dok

“Pemerintah sudah buat indeks kerawanan pemilu untuk tahun depan dan di Jateng dari tujuh daerah, terdapat satu lokasi dengan kriteria sedang yakni di Brebes. Sedangkan lainnya kriteria rendah,” ujar Teguh Purnomo, Ketua Divisi Advokasi Bawaslu Jateng, Jumat (16/9).

Ia saat ini telah memberlakukan early warning system untuk mengatasi berbagai kerawanan pemilu di tujuh daerah tersebut. Satu di antaranya soal pemantauan integritas para penyelenggara pemilu.

“Apakah punya track record pernah diberhentikan oleh DKPP atau tidak, itu yang akan kita lihat dulu. Sebab, itu mempengaruhi tingkat kepercayaan bagi masyarakat tiap daerah,” paparnya.

Kerawanan lainnya, menurutnya yaitu soal pelanggaran peserta pemilu yang menebar aksi money politic serta tindak pidana lainnya mengingat kini potensinya masih sangat besar.

Sedangkan, Joko Purnomo Ketua KPU Jateng menyatakan jadwal pendaftaran bakal calon peserta di bursa Pilkada 2017 akan dibuka pada 21-23 September nanti. “Hasil pencocokan data pemilihnya akan diumumkan secepatnya,” terang Joko.

Pemutahiran data itu, katanya akan diberlakukan dengan berbasis sistem E-KTP. Dengan kata lain, walaupun pemerintah belum dapat menuntaskan masalah e-KTP, namun dengan memakai metode itu, segala kecurangan dapat ditekan.

Sejauh ini, lembaganya memprediksi jumlah calon pemilih di tujuh daerah bakal bertambah 2,5 persen dibanding tahun lalu. “Penyebabnya karena banyak bermunculan pemilih pemula,” ungkap Joko. (far)