Home > METRO BERITA > METRO JATENG > Pilkada 2017, Tujuh Paslon di Jateng Gelar Kampanye selama 107 Hari

Pilkada 2017, Tujuh Paslon di Jateng Gelar Kampanye selama 107 Hari

METROSEMARANG.COM – Sebanyak tujuh pasangan calon bupati/wali kota peserta Pilkada serentak tahap kedua mulai hari ini, Jumat (28/10), menggelar rangkaian kampanye di daerahnya selama 107 hari ke depan.

Ilustrasi
Ilustrasi

Atas kondisi itulah, Bawaslu Jawa Tengah saat ini tengah memperketat pemantauan tahapan kampanye di tujuh daerah tersebut.

“Hari ini sudah masuk tahap kampanye dan sampai 107 hari kami akan memperketat pemantauan di tiap paslo,” ungkap Ketua Bawaslu Jateng Abhan di Setos Semarang.

Menurutnya saat ini terdapat fenomena unik yang muncul saat kampanye Pilkada serentak tahap kedua 2017. Di Kabupaten Pati, kata dia, kini jadi satu-satunya lokasi yang hanya punya paslon tunggal yang ikut berkampanye.

Kondisi ini menarik dicermati mengingat pada pelaksanaan Pilkada 2015 di tiap wilayah Jateng rata-rata punya lebih dari satu paslon.

“Tentunya dinamika yang berkembang di Pati sangat berbeda jauh dibanding enam lainnya yang masing-masing punya lebih satu paslon,” terangnya.

Ia menambahkan paslon bisa dibatalkan keikutsertaannya dalam Pilkada 2017 jika nekat menampilkan iklan di media massa lebih dari sekali tayang. Aturan ini terpaksa dimunculkan Bawaslu agar media dapat berpegang teguh pada independensi sebagai corong informasi publik. (far)