Home > METRO BERITA > Pindahkan Parkir ke DP Mall, Mbak Ita Imbau PNS Semarang Naik Bus

Pindahkan Parkir ke DP Mall, Mbak Ita Imbau PNS Semarang Naik Bus

METROSEMARANG.COM – Pemerintah Kota Semarang bakal menertibkan ruang parkir di halaman Balai Kota Semarang. Hal itu dilakukan lantaran selama ini pengelolaan parkir di lingkup gedung pemerintahan tersebut terkesan semrawut.

Halaman Balai Kota Semarang yang menjadi lahan parkir. Foto: metrosemarang.com/ilyas aditya
Halaman Balai Kota Semarang yang menjadi lahan parkir. Foto: metrosemarang.com/ilyas aditya

Wakil Wali Kota Semarang Hevearita G Rahayu menyebut ruang parkir akan dibagi atau dipindahkan ke ruang parkir DP Mall Semarang. Menurutnya, aturan tersebut akan mulai diberlakukan per 1 September 2016 mendatang.

“Semua akan pindah parkir baik roda dua dan roda empat keĀ  parkir berlangganan di DP Mall sebelah barat kantor balaikota Semarang,” kata Ita, Kamis (18/8).

Lebih lanjut, Ita menjelaskan parkir berlangganan akan berlaku untuk semua PNS kecuali bagi pejabat eselon dua, mobil operasional SKPD, dewan, dan awak media.

Tarif parkir berlangganan sendiri dikenai biaya Rp 65 ribu untuk roda empat dan Rp 45 ribu bagi roda dua, dengan membayar secara pribadi. Berlaku dari pukul 06.00-18.00.

“Jika tak mau ya harus pakai angkutan umum atau naik bus jemput pegawai milik balai kota. Kita punya enam armada bus antar jemput,” imbuhnya.

Selain itu, nantinya akan dibuatkan stiker khusus untuk pejabat atau anggota dewan yang berhak parkir di lingkungan balai kota, sementara ruang parkir lama akan ditata lebih cantik dengan dibuat taman.

Dinas Perhubungan Kota Semarang juga akan melakukan pemeriksaan dan siap menjatuhkan sanksi berupa penggembosan dan penggembokan roda kendaraan bagi para pelanggar. (yas)