Home > METRO BERITA > PKL Barito Kluster Logam Siap Direlokasi ke Pasar Klithikan

PKL Barito Kluster Logam Siap Direlokasi ke Pasar Klithikan

METROSEMARANG.COM – PKL Barito Klaster Logam meminta agar luasan lapak yang akan diberikan Dinas Perdagangan di Pasar Klithikan sesuai dengan lapak mereka sebelumnya. Hal ini karena barang dagangan mereka merupakan barang-barang besar yang membutuhkan luasan lapak mencukupi.

Kondisi Pasar Klithikan Penggaron. Foto: metrosemarang.com/dok

Para PKL mengungkapkan hal itu saat Dinas Perdagangan Kota Semarang melakukan sosialisasi rencana normalisasi Sungai Banjir Kanal Timur (BKT) di Balai Kelurahan Mlatiharjo, Selasa (31/1).

Para PKL yang ada di bantaran BKT di wilayah Mlatiharjo tersebut berjumlah ratusan. Mereka semua setuju direlokasi ke Pasar Klithikan, Penggaron. Ketua PKL Kluster Logam sungai BKT, Sunaryo, mengatakan sadar tempatnya itu bukan semestinya untuk lahan berjualan.

‘’Sebagai warga negara yang baik kami akan mentaati kebijakan dari pemerintah untuk melaksanakan relokasi guna kelancaran normalisasi Sungai BKT,’’ katanya.

Meskipun secara pribadi, lanjutnya, sebenarnya keberatan jika dilakukan relokasi karena akan mempengaruhi penjualan para pedagang. Terkait dengan ganti rugi, pihaknya berharap agar Dinas Perdagangan yang melaksanakan relokasi harus menyediakan lapak yang sesuai dengan tempat jualan lama.

Kepala Dinas Perdagangan Kota Semarang Fajar Purwoko menyebutkan, sosialisasi ke empat yang digelar ini berlangsung lancar dan semua pedagang siap direlokasi ke Pasar Klitikan. Terkait dengan luasan lapak, pihaknya akan mengakomodir keinginan pedagang tersebut. Sehingga nantinya dapat kembali berjualan di Klithikan tanpa kendala yang berarti.

‘’Untuk selanjutnya, tahap sosialisasi akan dilaksanakan lagi minggu depan di Kelurahan Kaligawe dan Sawah Besar dengan mengundang para PKL yang berjualan di bantaran Sungai BKT yang ada di dua kelurahan tersebut,’’ katanya. (duh)