Home > METRO BERITA > METRO BISNIS > PLN Janjikan Seluruh Wilayah Jateng dan DIY Teraliri Listrik pada 2019

PLN Janjikan Seluruh Wilayah Jateng dan DIY Teraliri Listrik pada 2019

METROSEMARANG.COM – Perusahaan Listrik Negara (PLN) Distribusi Jateng dan DI Yogyakarta optimistis semua wilayah bisa teraliri listrik di tahun 2019. Target tersebut dinilai realistis, mengingat sampai tahun ini hanya delapan persen yang belum bisa menikmati pasokan listrik.

Hardian Sakti Laksana Foto: metrosemarang.com/yulikha elvitri
Hardian Sakti Laksana
Foto: metrosemarang.com/yulikha elvitri

Deputi Manager dan Bina Lingkungan PLN Jateng dan DIY, Hardian Sakti Laksana memaparkan, wilayah yang belum teraliri listrik tersebut merupakan kawasan terisolasi sehingga cukup susah dijangkau. “Saat ini di Jawa Tengah dan DIY sudah 92 persen teraliri listrik. Maka target kami hingga tahun 2019 adalah dapat mencapai 100 persen,” kata Hardian, Rabu (10/8).

Menurut Hardian, kondisi geografis yang sulit justru menjadi tantangan buat PLN. “Butuh biaya investasi yang tinggi. Kita bertahap mensurvei daerah-daerah yang visible dulu. Daerah yang sulit kita tahap berikutnya,” imbuhnya.

Untuk merealisasikannya, persero menargetkan pertumbuhan penggunaan listri sebanyak 14 persen pada tahun ini. Saat ini, PLN Jateng dan DIY memiliki 750 Megawatt listrik yang siap dialirkan ke masyarakat.

“Masyarakat harus memanfaatkan ketersediaan pasokan listrik ini. PLN siap melayani sambungan listrik secepatnya termasuk untuk kawasan industri yang butuh daya besar,” beber Hardian. (vit)