Home > METRO BERITA > METRO BISNIS > PLN Pasok Kebutuhan Listrik Semen Indonesia 35 Megawatt

PLN Pasok Kebutuhan Listrik Semen Indonesia 35 Megawatt

METROSEMARANG.COM – PT PLN (Persero) Distribusi Jawa Tengah dan Yogyakarta bakal memasok kebutuhan listrik sebesar 35 Megawatt (MW) bagi pabrik Semen Indonesia yang akan beroperasi perdana di Kabupaten Rembang, dalam waktu dekat ini.

Ilustrasi Foto: pln.co.id
Ilustrasi
Foto: pln.co.id

Dwi Kusnanto, General Manager PLN Distribusi Jawa Tengah dan Yogyakarta, menyebutkan bahwa pasokan listrik pabrik Semen Indonesia akan mengandalkan ketersediaan PLTU Cilacap dan PLTU Adipala.

“Masing-masing siap masok 650 MW di beberapa pabrik industri, termasuk Semen Indonesia sebanyak 35 MW,” kata Dwi, usai menghadiri perayaan HUT ke-71 PLN di kantornya, Sabtu (1/10) pagi.

Menurut Dwi pasokan listrik tambahan juga bakal diperoleh dari multi jaringan Jawa-Bali yang mencapai 500 KV.

Dengan pasokan listrik dari berbagai jaringan itu, lanjutnya, perseroan kini juga tengah bersiap menyalurkan listrik sebesar 35 MW bagi pabrik-pabrik besar lainnya, di antaranya PT Smart Purwokerto, PT Rayon Utama Solo yang ditambah 15 MVA dan kawasan industri Kendal (KIK).

“Kita akan pasok dalam beberapa tahap mulai 5 MW sampai puncaknya bisa dipasok 50 MW sekaligus,” terang Dwi.

Disinggung mengenai kehandalan jaringan listriknya, ia menegaskan sejauh ini masih mampu mencukupi kebutuhan pelanggan kalangan industri.

“Kita yakin bisa memenuhi semua pabrik yang ada selama ini ditambah pabrik-pabrik baru yang sedang dibangun. Kebanyakan di wilayah kami tetap pelanggan rumah tangga dan sisanya 7 persen pelanggan industri dan pemerintahan,” tukasnya. (far)