Beranda METRO BERITA Pohon Asem Kembalikan Identitas Semarang

Pohon Asem Kembalikan Identitas Semarang

BERBAGI
Pohon Asem yang ditanam di sepanjang Jalan Gajahmada untuk menggantikan Pohon Angsana yang sudah tua. Foto Metrosemarang/Ade Lukmono
Pohon Asem yang ditanam di sepanjang Jalan Gajahmada untuk menggantikan Pohon Angsana yang sudah tua. Foto Metrosemarang/Ade Lukmono

SEMARANG – Tumbangnya pohon jenis Angsana di jalan raya dan menimbulkan korban membuat Pemerintah Kota Semarang lebih serius dalam pemilihan pohon peneduh.

“Sebenarnya sudah kami rencanakan jauh hari sebelum kejadian,” kata Kabid Pertamanan Dinas Kebersihan dan Pertamanan Kota Semarang, Budi Prakosa.

Pohon yang dipilih untuk dijadikan sebagai pengganti Angsana adalah Pohon Thamarin, atau biasa dikenal sebagai Asem. Pohon ini dinilai lebih cocok lantaran berakar tunggang dan kuat mencengkram ke dalam. Berbeda dengan Angsana yang karakter akarnya hanya ke samping sehingga merusak jalan dan trotoar.

Dia menambahkan, penanaman Pohon Asem ini juga sebagai identitas kota Semarang yang berasal dari kata Asem Arang. “Biar menjadi ciri khas Kota Semarang,” ungkapnya.

Beberapa trotoar jalan sudah mulai ditanami Pohon Asem, seperti Jalan Gajahmada, Jalan MH Thamrin dan lain-lain. “Pohon besar tidak langsung ditebang melainkan dipangkas sembari menunggu Pohon Asem tumbuh,” pungkas Budi. (ade)