Home > METRO BERITA > Polda Jateng Gagalkan Peredaran Sabu Jaringan Nusakambangan

Polda Jateng Gagalkan Peredaran Sabu Jaringan Nusakambangan

METROSEMARANG.COM – Direktorat Reserse Narkoba (Ditresnarkoba) Polda Jawa Tengah berhasil menggagalkan peredaran narkoba jenis sabu-sabu yang diduga dikendalikan dari dalam Lembaga Pemasyarakatan Nusakambangan. Dalam ungkap kasus ini, polisi menangkap seorang pengedar berinisial H warga Semarang dan barang bukti 1 gram sabu.

sabu nusakambangan
Foto: metrosemarang.com/khoiruddin muhammad

Kasubdit III Ditresnarkoba Polda Jateng, AKBP M Manurung mengatakan, tersangka ditangkap di rumahnya Banyumanik pada Minggu (7/8) kemarin sekitar pukul 21.00. Dalam penggerebekan itu, awalnya petugas hanya menemukan barang bukti sabu seberat 1 gram.

“Barang tersebut rupanya ia pesan dari seoarang bandar yang juga berinisial H (H2) seorang narapidana di Nusakambangan. Awalnya kami temukan 1 gram, setelah ditelusuri kami mengetahui ada bukti transferan dari tersangka (H) sebesar Rp 6,5 juta kepada operator (H2) untuk membeli sabu 1 gram,” kata Manurung, Jumat (12/8).

Setelah dilakukan pengembangan, petugas mengamankan barang bukti sabu seberat 1 ons. Barang bukti tersebut berhasil diamankan dari kota Salatiga. Berdasarkan pengakuan H, selama enam bulan terakhir dia  sudah mengedarkan sabu ke berbagai kota di Jawa Tengah seperti Semarang, Kabupaten Semarang, Ambarawa, Salatiga, dan Solo.

Dari proses pengembangan sementara, sabu tersebut didatangkan dari daerah Jakarta. Untuk memesan, tersangka menghubungi operator (H2) yang berada di Nusakambangan untuk mengirim sesuai alamat yang diminta. “Hampir setiap hari ada yang pesan, jumlahnya bervariasi. Barangnya dipasok dari Jakarta pengendalinya dari dalam Nusakambangan,” beber Manurung. (din)