Home > MUDIK 2014 > Polda Jateng Siapkan 4 Hellycam Pantau Arus Mudik

Polda Jateng Siapkan 4 Hellycam Pantau Arus Mudik

Ilustrasi hellycam
Ilustrasi hellycam

SEMARANG – Kepolisian Daerah Jawa Tengah menempatkan empat kamera pantau hellycam di empat titik rawan kemacetan arus mudik Lebaran 2014. Hellycam ini dipersiapkan sebagai alat utama pantauan udara.

Empat titik rawan tersebut terdiri dari dua exit tol yakni Bawen Kabupaten Semarang dan Pejanggan Kabupaten Brebes.  Kamera udara (hellycam) juga bakal memantau kawasan Sumpiuh Kabupaten Banyumas yang merupakan perlintasan kereta api dan berdekatan dengan pasar.

“Satu lagi berada di Direktorat (Mapolda Jateng), untuk memantau wilayah Kota Semarang dan sekitarnya,” terang Wadirlantas AKBP Tulus Iklas Pamodji kepada metrosemarang.com, Rabu (23/7).

Hellycam adalah kamera pantau yang diterbangkan dengan helikopter kecil dan digerakkan remote control. itu dipersiapkan sebagai alat utama pantauan udara dalam sistem pengamanan lebaran. Hasil pantauan diparalel dengan layar monitor yang berada di pos dekat titik kemacetan serta terhubung  langsung ke Mapolda Jateng. “Sehingga jika terjadi kemacetan langsung bisa dideteksi agar bisa langsung diurai, ” imbuhnya.

Sejumlah titik rawan kemacetan juga termasuk tempat rekreasi, pasar tumpah, persimpangan rel kereta api dan jalan-jalan tertentu yang masih belum selesai perbaikannya. “Termasuk di  wilayah Sumpiuh Banyumas, rel ganda yang berdekatan dengan pasar, ” tutur perwira berpangkat melati dua itu.

Kapolda Jateng Irjen Nur Ali menyatakan untuk mengamankan perayaan Lebaran 2014 digelar Operasi Ketupat Candi dengan melibatkan 10.900 personel Polda Jateng ditambah 9.500 personel dari TNI, Dishubkominfo, dan instansi lainnya. (les)