Home > METRO BERITA > METRO JATENG > Polda Jateng Telusuri Pemilik Tas Berisi Bom di Tegalrejo

Polda Jateng Telusuri Pemilik Tas Berisi Bom di Tegalrejo

METROSEMARANG.COM – Polda Jawa Tengah dan Polres Magelang terus mengusut kasus teror bom yang terjadi di Tegalrejo, Selasa (27/12). Polisi memastikan bahwa bom yang ditemukan di depan Apotik Perintis Farma tersebut berdaya ledak rendah atau low explosive. Selain itu, pemilik tas coklat berisi bom rakitan itu juga masih diburu.

Lokasi penemuan tas berisi rakitan bom di Tegalrejo Kabupaten Magelang. Foto: metrojateng.com

Kapolda Jateng Irjen Condro Kirono menegaskan, temuan bom di Tegalrejo dikategorikan sebagai bentuk teror. Mantan Kakorlantas Polri itu juga belum bisa berkomentar banyak tentang kertas bertuliskan Arab yang ditemukan bersama rangkaian bom.

“Masih kami selidiki. Tim sedang bekerja untuk mengusut pemilik barang (tas berisi bom), termasuk isi kalimat Arab yang ada di selembar kertas itu,” kata Condro Kirono di Mapolda Jateng, Kamis (29/12).

Lebih lanjut Condro memaparkan, kasus teror bom di Tegalrejo tersebut saat ini masih dalam penanganan Direktorat Reserse Kriminal Umum Polda Jateng. Menurutnya, bom Tegalrejo berisi beberapa material bahan peledak. “Itu mengandung beragam peledak, tapi pemicunya kecil atau kadarnya rendah,” tegasnya.

Diberitakan sebelumnya, warga Tegalrejo Kabupaten Magelang digegerkan dengan temuan benda mencurigakan yang diduga bom, di depan Apotik Perintis Farma, Jalan Pahlawan atau jalan raya Magelang-Kopeng, Selasa (27/12). Benda itu ditemukan sekitar 500 meter dari lokasi Ponpes API Tegalrejo asuhan KH Yusuf Chudlori atau Gus Yusuf.

Benda itu kali pertama ditemukan oleh Afif Rohman (35) penjual sate di sekitar lokasi penemuan. Warga Dusun Cecelan Desa Soroyudan Kecamatan Tegalrejo mengatakan, dirinya datang ke lokasi pada pukul 04.30 wib dan melihat tas warna coklat muda tergeletak di bawah gerobak batagor. Afif juga sempat membuka tas dan mendapati pralon yang dilakban, lipatan kertas HVS dan sebagainya.

Temuan itu kemudian dilaporkan ke RT setempat dan diteruskan ke Polsek Tegalrejo dan Polres Magelang. Tim Jibom Brimob Polda Jateng juga didatangkan ke lokasi. Sekitar pukul 12.30 Wib, Tim  Jibom melakukan disposal atau peledakan bom rakitan di depan Apotik Perintis Farma. (MS-02)

 

Yuk, Berbagi Informasi

Bagikan Artikel Ini. Klik ikon di bawah.
close-link