Pompa Tak Berfungsi, Banjir Kaligawe Makin Parah

METROSEMARANG.COM – Sejumlah kendaraan roda dua dan roda empat terjebak banjir di Jalan Kaligawe, tepatnya berada di dekat pertigaan Kaligawe-Bangetayu pada Senin (5/2) sore. Kawasan yang kerap kali terjadi rob tersebut semakin parah ketika ditambah debit air dari hujan maupun sungai sekitar.

Kondisi Jalan Raya Kaligawe saat banjir, Senin (5/2). Foto: metrosemarang.com/ade lukmono

Lebih parahnya, pompa yang digunakan untuk mengatasi masalah genangan air di daerah tersebut tidak berfungsi maksimal dikarenakan kerusakan fan belt.

Menurut Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Semarang, Supriyadi, kerusakan pompa sudah terjadi sejak empat hari belakangan.

“Sampai empat hari ternyata belum diperbaiki,” katanya saat melakukan inspeksi mendadak (Sidak) di kawasan tersebut.

Di Sungai Sringin Lama terdapat lima unit pompa. Sedangkan di Sungai Sringin Baru terdapat enam pompa. Namun setelah ditinjau langsung, Supriyadi hanya menemukan tujuh pompa yang bekerja. Dia khawatir air tidak akan cepat mengalir jika ini pompa tidak segera dibenahi.

Dia meminta segera dilakukan perbaikan, penambahan pompa dan peninggian ruas jalan. Selain itu, perbaikan jalan yang berlubang akibat tergenang air juga harus segera dilaksanakan mengingat jalan tersebut merupakan jalan nasional. (ade)