Home > METRO BERITA > METRO SPORT > PON Kian Dekat, Manajer Jateng Minta Dispensasi ke Klub ISC

PON Kian Dekat, Manajer Jateng Minta Dispensasi ke Klub ISC

METROSEMARANG.COM – Manajer Tim Sepakbola PON Jawa Tengah, Kairul Anwar meminta dispensasi ke klub-klub Indonesia Soccer Championship (ISC) agar bersedia melepas pemainnya untuk berlaga di PON XIX/2016 Jabar.

Winger PON Jateng Putut Ragil (biru) berebut bola dengan pemain Kaltim. Foto: metrosemarang.com/tri wuryono
Winger PON Jateng Putut Ragil (biru) berebut bola dengan pemain Kaltim. Foto: metrosemarang.com/tri wuryono

“Kami sudah mengajukan izin melalui (Asprov) PSSI Jateng agar klub-klub ISC memprioritaskan pelaksanaan PON,” kata Kairul usai timnya berujicoba melawan Tim PON Kalimantan Timur di Stadion Jatidiri, Senin (22/8).

Dalam ujicoba tersebut, Jateng belum bisa menampilkan tiga pemainnya yang saat ini masih membela timnya di ISC A. Mereka adalah Rizky Fajrin (Bali United), Septian David Maulana (Mitra Kukar) dan Ravi Murdianto (PS TNI).

Ketiga pemain tersebut sudah didaftarkan Tim Jateng sesuai entry by name yang dikirimkan ke PB PON pada akhir pekan kemarin. Selain mereka, skuat racikan Anjar Jambore juga diperkuat empat pemain ISC B, yakni Haudi Abdilah (PSCS Cilacap), Heru Setiawan (Persita Tangerang), serta Ahmad Agung dan Fajar Setya Jaya (PSIS).

Pria yang juga seorang pengacara tersebut mengisyaratkan jika Kaltim menjadi lawan terakhir dalam rangkaian ujicoba yang dilakoni Soni Setiawan cs. “Tim pelatih akan melakukan evaluasi dari hasil ujicoba melawan Kaltim. Masih ada beberapa pembenahan yang harus dilakukan, mengingat pelaksanaan PON sudah semakin dekat,” imbuhnya.

Pada laga itu Jateng sukses mengatasi perlawanan Kaltim sebagai peraih medali emas di PON XVIII/2012 Riau. Sepakan penalti Andhika di menit 53 memastikan kemenangan Jateng atas skuat racikan Eddy Simon Badawi.

Pelatih Tim PON Jateng, Anjar Jambore cukup puas dengan penampilan anak asuhnya, meski timnya lebih sering dipaksa bertahan oleh gempuran pemain-pemain Kaltim. Kondisi kebugaran dan absennya beberapa pemain diakuinya membuat penampilan Jateng tidak maksimal.

“Solikhul Islam masih cedera, kondisi Riswandani juga belum sepenuhnya fit. Ahmad Agung, Haudi dan Adit Wafa juga baru bergabung. Tapi, mereka bisa tampil cukup bagus,” ujarnya.

Sementara, Eddy Simon mengungkapkan, kekalahan dari Jateng menjadi pelajaran berharga bagi timnya. Ini menjadi kekalahan kesembilan dari 52 ujicoba yang dilakoni Brian Cesar dkk, di mana 10 laga berakhir imbang. Sebagai juara bertahan, Kaltim langsung lolos ke babak utama bersama tuan rumah Jabar tanpa melalui fase kualifikasi.

“Kami juga masih menunggu pemain-pemain yang saat ini masih membela timnya di ISC A. Mudah-mudahan mereka bisa bergabung saat kami menggelar TC di Jawa Tengah ini,” ujarnya.

Dalam try out ke Jateng, Tim PON Beruang Etam belum bisa diperkuat pilar Pusamania Borneo FC, Terens Puhiri dan kiper Persiba Balikpapan Dwi Yudha Pratama. Adi Nugroho (Semen Padang) dan Yogi Rahadian (Mitra Kukar) juga belum diizinkan klubnya masing-masing. (twy)