Home > METRO BERITA > METRO JATENG > Positif Narkoba, Ketua Komisi C DPRD Kudus Resmi Berstatus Tersangka

Positif Narkoba, Ketua Komisi C DPRD Kudus Resmi Berstatus Tersangka

METROSEMARANG.COM – Badan Narkotika Nasional Provinsi (BNNP) Jawa Tengah akhirnya menetapkan AI, anggota dewan Kabupaten Kudus sebagai tersangka dalam kasus penyalahgunaan narkoba jenis sabu. Selain AI, petugas juga menangkap pria berinisial F alias M yang disinyalir sebagai pengedar.

Kepala BNNP Jateng Tri Agus Heru Prasetyo memberikan keterangan kepada wartawan. Foto: metrosemarang.com/khoiruddin muhammad
Kepala BNNP Jateng Tri Agus Heru Prasetyo memberikan keterangan kepada wartawan. Foto: metrosemarang.com/khoiruddin muhammad

Kepala BNNP Jateng Tri Agus Heru Prasetyo mengatakan, pihaknya berhasil menangkap AI pada Senin (25/7) sekitar pukul 16.15 di kawasan Blok N 3 Puri Anjasmoro Semarang. Saat tertangkap, AI yang dalam posisi menyetir, juga ada teman wanita berinisial NN alias VR warga Kecamatan Mangunjaya, Kabupaten Pangandaran Jawa Barat.

Setelah digeledah, lanjut Agus, petugasĀ  menemukan dua bungkus serbuk putih dalam plastik, disembunyikan dalam lipatan sikat gigi dan diletakkan di sele-sela pintu kanan bagian dalam. “Serbuk tersebut adalah narkotika jenis methamphetamine atau sabu dengan berat 0.9 gram,” terang agus kepada awak media, Rabu (27/7).

Usai tertangkap, AI dan teman wanitanya langsung digelandang ke kantor BNN untuk dilakukan pemeriksaan. Selanjutnya, petugas melakukan pengembangan dan berhasil mengungkap bahwa barang haram tersebut dibawa dari Kudus bersama sopirnya NAE alias WR warga Desa Sunggingan Kecamatan Kudus Kabupaten Kudus.

Dari keterangan sang sopir, petugas kemudian melakukan pengembangan lagi. Petugas pun akhirnya menangkap F alias M, warga Kelurahan Barongan Kecamatan Kudus Kabupaten Kudus. Ia ditangkap saat berada di Hotel Proliman Jalan Bakti No 5 Kudus.

“Dari tangan F alias M, berhasil disita empat paket narkotika jenis sabu seberat 3.9 gram. Dari hasil pemeriksaan, AI memesan sabu kepada F alias M, kemudian sang sopir NAE alias WR bertugas mengambil barang tersebut,” jelasnya.

AI diketahui adalah Agus Imakudin alias Udin, politisi PDI Perjuangan. Saat ini dia menjabat sebagai Ketua Komisi C DPRD Kabupaten Kudus.

Dari keempat orang tersebut, AI dan F alias M di jadikan tersangka karena positif mengkonsumsi sabu dan dijerat pasal 127 dan akan diassesment oleh tim assesment terpadu (TAT) sambil proses hukum. Untuk F alias M sebagai pengedar dijerat pasal 112 (1) jo 114 (1) dengan ancaman maksimal 20 tahun penjara.

Sementara teman wanita, NN alias VR, dan sopir NAE alias WR dari hasil tes urin dinyatakan negatif. “Meski hasil tes urin negatif, kita akan melakukan pemeriksaan pada rambut,” ujar Agus. (din)