Home > METRO BERITA > METRO SPORT > PPSM vs PSIS: Lebih Sekadar ‘Happy Game’

PPSM vs PSIS: Lebih Sekadar ‘Happy Game’

METROSEMARANG.COM – PSIS Semarang bakal melakoni laga terakhir putaran grup Indonesia Soccer Championship (ISC) di kandang PPSM Sakti Magelang, Sabtu (10/9) sore nanti. Skuat Mahesa Jenar tetap membidik tiga angka untuk menyempurnakan keberhasilan melangkah ke babak 16 besar.

Johan Yoga (tengah) berpeluang menambah pundi-pundi gol saat PSIS dijamu PPSM Magelang, Sabtu (10/9). Foto: metrosemarang.com/tri wuryono
Johan Yoga (tengah) berpeluang menambah pundi-pundi gol saat PSIS dijamu PPSM Magelang, Sabtu (10/9). Foto: metrosemarang.com/tri wuryono

Pertandingan yang akan dihelat di Stadion Moch Soebroto tersebut sebenarnya lebih pantas disebut happy game. Sebabnya, laga ini sudah tak berpengaruh bagi kedua tim.

PSIS bahkan sudah mengunci tiket 16 besar usai kemenangan atas PSIR Rembang, 20 Agustus silam. Sementara, PSIS juga yang mengubur peluang lolos PPSM. Tim Kota Gethuk tumbang 0-1 saat berkunjung ke Jatidiri, 27 Agustus.

Namun, Manajer PSIS Wahyu Winarto menepis anggapan timnya bakal melepas laga di Magelang. Menurutnya, kemenangan tetap dibutuhkan untuk menjaga mental timnya sebelum berlaga di babak 16 besar.

“Kami tak ingin gagal memetik poin dua kali berturut-turut, karena itu juga bisa berpengaruh terhadap kondisi psikologis pemain. Karenanya kami tetap serius mempersiapkan tim untuk melawan PPSM,” kata dia, Jumat (9/9).

Pada laga sebelumnya, PSIS harus mengakui keunggulan tuan rumah Persijap Jepara dua gol tanpa balas. Sedangkan PPSM dinyatakan kalah WO karena tak mampu menggelar pertandingan lawan PSIM Yogyakarta.

Pelatih Eko Riyadi juga menegaskan timnya tak sekadar ‘plesiran’ ke Magelang. Dia juga berjanji akan menampilkan komposisi terbaik untuk meladeni Macan Tidar.

Masalahnya, Eko harus kehilangan empat pilarnya saat berkunjung ke Kota Gethuk. Gelandang M Yunus masih dalam proses pemulihan cedera, sedangkan kiper Fajar Setya Jaya dan Ahmad Agung harus berangkat ke Bandung untuk membela skuat PON Jawa Tengah. Sementara, bek Fajar Bagus dipanggil PSAD berlaga di Piala Panglima.

“Apapun kondisinya, kami tak akan begitu saja mengalah dari PPSM. Kami juga ingin menyempurnakan kelolosan ke babak 16 besar dengan kemenangan di pertandingan terakhir,” tutur Eko.

Pertandingan ini juga menjadi kesempatan Johan Yoga menambah pundi-pundi gol. Top skor Mahesa Jenar itu sudah absen bikin gol di tiga laga terkini. Kali terakhir, eks bomber PSM Makassar itu mengukir brace saat PSIS menggebuk tuan rumah Persibat Batang dengan skor 4-1 pada 7 Agustus silam.

PSIS juga ingin menjaga rekor tak terkalahkan saat bertemu PPSM. Dalam tiga pertandingan terakhir, tim Ibukota Jateng selalu menang dengan menjaringkan delapan gol dan hanya kebobolan sekali. Pada pertemuan di Jatidiri, gol tunggal Anhar Latif menjadi penentu kemenangan atas Macan Tidar. (twy)

Prakiraan Pemain

PPSM 4-2-3-1: Markus Horison–Budi Sismanto, Dedeyan Surdani, Catur Erik Sandi, Adi Cahyadi; Fatah Aditya, Rino Viantoro; Iwan HW, Anwar Rohman, Reza Ajie; Sumaryanto

PSIS 4-2-3-1: Syaiful Amar–Andriantono, Fauzan Fajri, AM Bahtiar, Anhar Latif; Edy Anto, Yogi Ardianto; Dani Raharjanto, Wage Dwi Aryo, Hari Nur; Johan Yoga