Home > METRO BERITA > Prodia Kumpulkan Dokter untuk ‘Melek’ Tiroid

Prodia Kumpulkan Dokter untuk ‘Melek’ Tiroid

Seminar Good Doctor for the Good Family oleh Laboratorium Prodia di Hotel Aston Semarang, Sabtu (10/9). Foto: metrosemarang.com/ade lukmono
Seminar Good Doctor for the Good Family oleh Laboratorium Prodia di Hotel Aston Semarang, Sabtu (10/9). Foto: metrosemarang.com/ade lukmono

METROSEMARANG.COM – Laboratorium Klinik Prodia mengadakan roadshow dokter dengan tena ‘Good Doctor for the Good Family’. Kota Semarang merupakan kota ke-14 yang mengadakan roadshow ini dengan fokus pencegahan tiroid (gondok) di Hotel Aston Semarang, Sabtu (10/9).

Dijelaskan, Tiroid merupakan kelenjar yang mempunyai fungsi penting, yaitu sebagai pengendali utama metabolisme tubuh. Terjadinya gangguan tiroid bisa disebabkan oleh faktor genentik, namun 80 persen lainnya disebabkan faktor lingkungan dan lainnya.

“Akan tetapi dengan minimnya pengetahuan masyarakat, mengakibatkan banyak orang yang tidak menyadari datangnya gangguan yang bisa terjadi dan bila dibiarkan akan terjadi komplikasi kronis,” ujar pembicara dalam seminar, Tjokorda GD Pemayun.

Dia menambahkan, jika seseorang terindikasi kekurangan yodium yang mengganggu kinerja tiroid, maka penderita tidak akan berkembang maksimal. Bahkan kecerdasan otak juga terpengaruh jika kelenjar itu kekurangan yodium.

“Oleh karena itu, perlu kiranya kami mengumpulkan dokter dan pusat pelayanan primer, baik Posyandu maupun Puskesmas untuk lebih mengerti agar penanganan bisa segera dilakukan,” kata dia. (ade)